Beritahati.com, Jakarta - Salah satu tantangan saat menjadi seorang ayah adalah sulit untuk memiliki tubuh yang bugar. Hal itu terjadi karena seseorang yang baru menjadi ayah cenderung kesusahan membagi waktu untuk mengurus anak, bekerja, dan berolahraga.

 

Tak heran, pria dewasa yang menjadi seorang ayah akan mengalami perut buncit. Kondisi ini dikenal dengan istilah Dad body, dimana seorang ayah berubah menjadi buncit setelah memiliki anak, bahkan sesaat setelah menikah. Alasannya, pola makan yang berantakan ditambah dengan sulitnya menyisihkan waktu untuk berolahraga. Pada akhirnya, para ayah malah menjadi tidak fit, baik dari bentuk tubuh maupun dari masalah kesehatan secara menyeluruh.


Lantas, harus bagaimana? Tenang, Anda tak perlu panik. Dilansir Reader’s Digest, mantan pegulat profesional dan pelatih pribadi, Rob Strauss mengatakan, ayah bisa menggabungkan waktu bermain bersama si Kecil dengan kegiatan olahraga.

 

"Banyak ayah yang akhirnya membuat alasan. Waktu luang yang mereka miliki, mereka ingin mendedikasikan untuk anak-anak mereka daripada berolahraga. Itu sebabnya saya menggabungkan keduanya," ujar pria yang juga memiliki nama beken Robb E ini.

Robb E kemudian membeberkan tips untuk tetap fit meski sudah menjadi ayah sebagai berikut:

 

1. Jangan menunggu anak-anak tidur untuk berolahraga
Robb E yang baru-baru ini meluncurkan video "Dad Bod Destroyer" mengatakan bahwa Anda sebaiknya tidak menunggu anak-anak tertidur jika ingin berolahraga. Sebaliknya, gabungkan olahraga tersebut dengan tugas Anda sebagai seorang ayah.

 

"Bisa bermain dengan mainan mereka sementara Anda melakukan push-up dan membuat wajah lucu yang ditunjukkan pada mereka," ungkapnya.

 

Kunci untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menjaga interaksi secara terus-menerus sepanjang sesi olahraga yang dilakukan, bahkan jika itu hanya membuat kontak mata dan ekspresi wajah dengan anak Anda.

 

2. Gunakan peralatan berguna yang Anda punya
Tidak ada peralatan olahraga di sekitar Anda? Robb E mengatakan itu bukan suatu masalah besar. Ayah baru sering dipaksa untuk menguasai improvisasi. Misalnya, Anda bisa menggunakan gendongan bayi yang mirip keranjang belanjaan supermarket. Kata Robb E, anggaplah itu sebagai angkat beban.

 

3. Lakukan gerakan dasar
Jika Anda hanya punya waktu 5 menit untuk olahraga, Robb E merekomendasikan untuk memanfaatkannya dengan gerakan senam dasar.

 

“Anda bisa berlari di tempat, melakukan jumping jacks, squat jump atau push-up. Gerakan itu sangat sederhana. Anda tidak membutuhkan peralatan apa pun," jelasnya.

 

4. Rencanakan makanan Anda dengan benar
Olahraga memang sangat bagus untuk mengusir "Dad body". Namun, perilaku tersebut juga perlu dikombinasikan dengan pola makan sehat.

Kendati begitu, bukan berarti Anda harus mengikuti metode diet ketat. Anda hanya perlu memiliki rencana makan dengan baik dan benar. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memasak menu sehat Anda sendiri.

 

5. Jadikan kesehatan sebagai prioritas
Hindari memikirkan hal-hal yang memberatkan kepala Anda. Sebagai gantinya, cobalah berolahraga dengan tujuan akhir memiliki kondisi fisik yang fit dan bugar.

 

6. Konsisten menjalankan semuanya
Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang fit dan bugar. "Banyak orang mencoba diet selama 2 minggu, lalu mengambil cuti sebulan sebelum memulainya lagi. Anda sebaiknya tidak demikian. Anda harus tetap konsisten dengan apa yang dilakukan, cara makan dan olahraga rutin," kata Robb E.

 

Itu adalah tips untuk para ayah baru yang ingin memiliki tubuh bugar. Olahraga yang dipadukan dengan pola makan sehat dan kebahagiaan mengurus anak akan menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Selamat mencoba!