Beritahati.com, Jakarta - Meski harganya lebih mahal, tapi banyak kalangan yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan manfaat yang lebih spesifik, seperti menghaluskan kerutan pada wajah, meningkatkan kekenyalan kulit, mempercepat regenerasi sel kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, dan mengoreksi diskolorasi. Nah, jika pemakaian serum tidak tepat, Anda terancam tidak akan mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.

 

Untuk Anda pemakai serum newbie atau Anda yang sudah menggunakannya dalam beberapa waktu belakangan tapi ragu sudah mengaplikasikannya secara benar, berikut di bawah ini adalah cara penggunaan serum yang tepat.

 

1. Bersihkan wajah terlebih dulu
Perlu diketahui, bahan aktif dalam serum bisa dengan mudah menempel pada kotoran dan kulit mati. Jadi, demi penyerapan maksimal, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakan serum.

 

Cucilah wajah dengan air hangat. Air yang terlalu panas membuat kulit berkeringat, sehingga dapat menghambat penyerapan. Penggunaan air dingin bisa menutup pori-pori yang akhirnya menghalangi serum untuk menembus kulit.

 

2. Pakai serum saat kulit masih lembap
Ada yang bilang, kulit yang lembap daya serapnya 10 kali lipat lebih baik ketimbang kulit kering. Karenanya, aplikasikan serum pada kulit yang masih lembap setelah mencuci muka atau setelah mengusap toner bebas alkohol.

 

Setelah mengoleskan serum merata di wajah, tekan dengan telapak tangan terbuka (bukan dengan ujung jari) untuk melepaskan bahan aktifnya.

Jangan langsung mengaplikasikan pelembap. Ingat, serum beda dengan pelembap. Serum membutuhkan “rekan kerja” berupa pelembap. Untuk penyerapan serum maksimal, setelah membersihkan wajah tunggulah setidaknya 5 menit sebelum mengoleskan pelembap. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebelum menggunakan serum tunggulah selama 10-15 menit setelah membersihkan wajah.

 

Serum dengan formula yang baik akan dengan cepat terserap kulit. Jika serum meninggalkan residu minyak atau lengket, ini pertanda serum tidak bekerja seperti seharusnya.

 

3. Tak perlu banyak-banyak
Kandungan serum sangat terkonsentrasi. Karena untuk pemakaiannya, lebih sedikit lebih baik. Hanya beberapa tetes (tak lebih dari ukuran kacang polong) sudah cukup. Penggunaan yang lebih banyak tak akan menambah manfaat apa pun.

 

4. Hindari pewarna dan pewangi
Saat ingin membeli serum, hindari cairan serum yang berwarna-warni atau yang wangi. Beberapa kriteria serum yang baik adalah warna dan baunya tidak menarik. Serum yang bagus mengandung bahan aktif untuk menargetkan perbaikan dan peremajaan kulit. Tambahan pewarna dan pewangi tidak menambahkan manfaat apa-apa, justru bisa menghambat daya serap.