Beritahati.com, JAKARTA - Kali bukan hanya untuk tempat mengalirnya air, tetapi tempat hidupnya berbagai ekosistem. Bagaimana jika sebuah aliran kali malah di tempatkan sebagai  tempat penimbunan sampah apakah ekosistem disekelilingnya akan baik ? Seperti halnya yang terlihat di Sabtu Pagi (12/1/2018) ini, di sepanjang aliran kali krukut Bawah Gang Said, Kecamatan Tanah Abang, penampakkan Sampah sepanjang aliran kali tidak ada abisnya.


Sebelumnya telah diketahui bahwa sekeliling bantaran kali meman banyak perumahan warga, maka tidak heran kan kalau sampah-sampah yang ada disepajang kali tersebut merupakan sampah rumah tangga yang diakibatkan dari warga sekitar juga.Seperti yang nampak pada gambar di sepanjang kali tersebut terdapat sampah-sampah rumah tangga yang tergenang. Sampah-sampah itu terdiri dari sampah plastik, styrofoam, hingga daun-daunan kering.


Selain penuh dengan sampah yang banyak tertimbun didalamnya, aliran kali tersebut pun sudah berubah warna menjadi keabuan dan berbau yang tidak sedap yang berasal dari timbunan sampah tersebut. Kali yang memang panjang itu memang selalu dipenuhi dengan sampah, setiap harinya PPSU setempat juga sering membersihkan sampah yang ada dikali tersebut, bahkan dalam sehari itu petugas bisa mengangkut sekitar 3 ton sampah dari aliran kali tersebut.

 

Sementara itu, diperkirakan sampah-sampah yang menumpuk di aliran kali krukut itu memang berasal dari warga sekitar yang sering memuang sampah seenaknya ke kali tersebut. Meski pun sudah dilarang dang dibuatkan peringatan mengenai pelarangan embuang sampah dikali tersebut, tetapi tetap saja warga sekitar tetap membuang sampah kekali dengan alasan membuang sampah terlalu jauh. Menurut warga setempat, walaupun kali tersebut banyak menumpuk sampah, kawasan tersebut merupakan kawasan yang tidak berlangganan banjir jika hujan datang.