Beritahati.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dapat bertemu dengan para pengemudi taksi dan ojek online dalam gelar Silaturahim Nasional dengan Keluarga Besar Pengemudi Daring/Online di Hall A Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).


“Saya bangga, karena Bapak/Ibu adalah orang yang berani menembus batas, berani keluar dari zona nyaman, berani keluar dari tradisi,” ujar Presiden kepada para pengemudi online di hadapannya.


Transportasi online, contohnya ojek online atau ojol, menurut Presiden, adalah pekerjaan masa depan, karena berbasis online, dengan teknologi.


Bahkan Kepala Negara juga mengatakan secara gamblang, bahwa pengemudi taksi ataupun ojek online merupakan pekerjaan atau profesi mulia, yang berani keluar dari zona aman. Sehingga, secara pribadi ia jengkel bukan main kalau ada yang menghina profesi pengemudi transportasi online, khususnya ojol.


Jokowi menambahkan, pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait pengemudi online. Ia juga mengakui, pemerintah di negara mana pun terkadang kalah cepat dari inovasi yang dikeluarkan sebuah perusahaan.


"Memang dalam perkembangan inovasi seperti ini harus diimbangi regulasi. Saya ngomong apa adanya, inovasi lebih cepat dari peraturan. Di semua negara tertatih, barang keluar, regulasi belum siap," ujar Kepala Negara.


Dan sebagai pengemudi, terkadang tidak ada waktu libur secara rutin, apakah itu Sabtu-Minggu atau hari lainnya. Akan tetapi, ternyata pengemudi online tidaklah sendiri. Mengapa begitu? Karena Jokowi mengatakan, dirinya juga sebagai Presiden tidak pernah ada waktu libur, walaupun itu Sabtu-Minggu.


Turut hadir mendampingi Presiden dalam agenda kali ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.