Beritahati.com, Jakarta - Bank Indonesia menginformasikan, kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan IV-2018 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 51,92% dan hasil SKDU triwulan IV-2018 untuk kegiatan usaha dan investasi sektor Industri Pengolahan yang terindikasi meningkat dengan SBT sebesar 0,32% dan 2,71%.


Peningkatan kinerja Industri Pengolahan didorong oleh kenaikan volume produksi sejalan dengan pesanan yang meningkat. Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan terjadi pada subsektor Industri Alat Angkut, Mesin & Peralatannya.


Pada triwulan I-2019, kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan terus ekspansif. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 54,75%. Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi.


Sejalan dengan ekspansi PMI-BI, SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan triwulan I-2019 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan SBT triwulan sebelumnya. Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan pada subsektor Industri Makanan, Minuman dan Tembakau.