Beritahati.com, Semarang - Tim Resmob Polda Jateng, Resmob Polresta Surakarta, Sat Sabhara Polresta Surakarta dan Brimob melakukan antisipasi laporan adanya sweeping terhadap Kelompok Koes Setiawan Danang Mawardi alias Iwan Walet, sekitar pukul 19.00 WIB, di Solo, Sabtu (12/1/2019).


Ternyata di lokasi, sudah berhadapan antara kelompok Iwan Walet dengan kelompok lainnya. Karena terbakar emosi, massa bentrok, polisi coba melerai, namun malah terjadi chaos. Dua orang anggota kelompok warga terlibat bentrok dengan polisi hingga mengalami luka tembak. Sedangkan seorang anggota Resmob dari Polda Jawa Tengah luka parah disabet kelewang.


Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan, sekumpulan orang hendak menyerang kelompok Iwan Walet melakukan perlawanan ketika dilerai polisi dan coba diperiksa senjata tajam.


"Anggota melakukan pemeriksaan dan saat itulah kelompok orang tersebut melakukan perlawanan," kata Agus, Sabtu (12/1/2019).


Polisi terpaksa melepas tembakan karena kelompok itu melawan dengan berbagai macam senjata tajam hingga soft gun. Akibatnya, 2 orang anggota kelompok penyerang kena luka tembak dan seorang polisi luka sabet pedang.


Dalam penanganan peristiwa itu, 10 orang diamankan serta berbagai barang bukti senjata antara lain busur dan anak panah, tongkat, softgun, katana, dan sebagainya.


"Saat diamankan ada 2 orang dari kelompok tersebut luka tembak di bagian kaki kiri, dan pinggang atas sebelah kiri. Kemudian dibawa ke Poliklinik Polresta Surakarta, untuk dilakukan tindakan perawatan. Anggota Resmob Polda Jateng terkena sabetan pedang sebelah bahu kanan," terang Agus.