Beritahati.com, Jakarta - Status Vanessa Angel sebagai saksi, akhirnya naik menjadi tersangka dalam kasus praktik Prostitusi Online karena didapati sebagai salah satu penyedia jasa layanan yang aktif dengan mengirimkan foto-foto maupun video porno kepada tersangka mucikari Endang Suhartini (ES) agar bisa menjaring pria hidung belang. Vanessa Angel sudah menjalani profesi ini sejak 2017.


"Saya sampaikan kepada rekan-rekan media terkait penyidikan kasus prostitusi online, kami sampaikan terkait hasil gelar daripada diperiksanya saudari VA (Vanessa Angel) dan mulai hari ini kami tetapkan sebagai tersangka," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (16/1/2019).


Tak main-main, menurut Luki, penetapan Vanessa sebagai tersangka ini merupakan fakta penyidikan, hasil rentetan pemeriksaan dan penyidikan, serta penelusuran hingga polisi mendapati beberapa fakta baru yang bisa menjerat Vanessa.


Tak hanya itu, penetapan ini juga melibatkan pendapat dari hasil pemeriksaan bersama saksi ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE, hingga ahli dari MUI dan Kementerian Agama RI.


"Hasil gelar perkara dan beberapa ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli dari Kementerian Agama maupun MUI dan juga dari beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transaksi komunikasi," tandas Kapolda Jatim.


Penetapan Vanessa sebagai tersangka menyusul penetapan tiga tersangka lainnya yang berperan sebagai mucikari, diantaranya Endang Suhartini (ES), Tantri (TN) dan Fitria.


Dengan penetapan ini, pihak Polda Jatim segera melayangkan surat panggilan terhadap Vanessa Angel, sebagai tersangka untuk hadir sekaligus menyerahkan diri pada Senin, 21 Januari 2019 mendatang.


Vanessa Angel dikenakan Pasal 27 Ayat 1 UU ITE, dimana pertimbangan pasalnya, perempuan tersebut secara langsung mengeksploitasi dirinya kepada mucikari agar bisa segera mendapat job melayani pelanggan prostitusi.


Bahkan, kata Luki, pengiriman foto pribadi dari VA juga ia sebarkan sendiri kepada beberapa tersangka mucikari yang sebelumnya sudah diamankan Polda Jatim.