Beritahati.com, Jakarta - Humpback Whales atau Paus Bungkuk, adalah ikan raksasa yang hidup di perairan dalam lautan lepas, dan terus bermigrasi mengitari lautan di lingkaran bumi ini. Salah satu tempat singgah ikan paus bungkuk saat bermigrasi adalah perairan New York, Amerika Serikat (AS).


Sempat lama tidak nampak, namun badan konservasi bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat sampai pusat serta badan-badan penelitian alam liar independen lainnya menempuh segala cara untuk mengembalikan perairan New York sebagai tempat nyaman dan bersih bagi ikan paus bungkuk untuk singgah dalam perjalanan migrasi mereka berkeliling dunia.



Directors, Ocean Giants Program, Wildlife Conservation Society, Howard Rosenbaum mengatakan, butuh sinergi dan kerja keras semua pihak untuk mengembalikan perairan New York menjadi tempat aman dan nyaman bagi Humpback Whales.


"Paus Bungkuk punya kebiasaan luar biasa yang melekat kuat di dalam diri mereka, dan menjadi atraksi menarik bagi siapapun yang ada di perairan ini. Menjadi pengalaman luar biasa menyaksikan mereka (humpback whales)," terang Rosenbaum seperti dipublikasikan lewat akun YouTube official BBC Earth, 24 Januari 2019 yang lalu.



Mengamati kegiatan paus bungkuk selama berada di perairan New York adalah pengalaman tak tergantikan bagi peneliti alam liar seperti Rosenbaum. Bagaimana paus jantan dan betina melintas bergantian atau bersamaan, mereka akan saling bertemu dan bersosialisasi antar sesamanya.


Bagi Rosenbaum, dengan sudah kembalinya jalur migrasi Humpback Whales ke perairan New York, menjadi bukti nyata bahwa seberapa besar pertumbuhan manusia di muka bumi ini, harus berjalan seimbang dengan eksistensi kehidupan alam liar, salah satunya adalah Ikan Paus Bungkuk.


Video by : BBC Earth