Beritahati.com, Jakarta - Kini makeup menjadi kebutuhan penting bagi kaum hawa. Bahkan untuk membelinyapun tak perlu berpikir berulang kali.


Apalagi jika dengan harga yang murah atau diskon tanpa memperhatikan komposisinya cocok atau tidak pada kulit, sehingga menimbulkan alergi. Padahal bisa saja salah satu komposisinya tidak cocok pada kulitmu dan meimbulkan alergi. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan jika timbul alergi saat penggunaan makeup?


1. Hentikan perawatan untuk sementara


Jika kamu mengalami alergi karena makeup, tentu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghentikan pemakaian. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga menghentikan segala macam perawatan wajah yang biasa kamu lakukan selama kurang lebih 2 minggu, agar tidak memperparah alergi. Tunggu sampai alergi berangsur-angsur menghilang.


2. Minum Antihistamin


Jika alergi yang timbul tidak dapat ditahan, kamu bisa meminum obat Antihistamin untuk mengurangi rasa gatalnya. Atau gunakan krim anti iritasi untuk meredakan bengkak-bengkak yang ditimbulkan (krim hydocortisone). Namun penggunaan krim ini harus berada di bawah pegawasan dokter.


Jika kedua cara diatas belum berhasil, mungin kamu bisa mencoba cara lainnya. Apa saja cara -cara lain tersebut? Kamu bisa membacanya pada artikel kami berikutnya.