Beritahati.com, Surabaya - Artis Vanessa Angel, tersangka kasus prostitusi daring (online) akhirnya resmi ditahan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim), Rabu (30/1/2019).


"Terhitung mulai 30 Januari 2019, Vanessa Angel yang kita panggil hari ini sebagai tersangka, resmi ditahan. Terhitung mulai pukul 15.00 WIB, administrasi penyidikan terhadap penerbitan surat perintah penahanan sudah kita siapkan," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Rabu (30/1/2019).


Bagi polisi, penahanan ini suah sesuai dengan syarat oyektifitas, berdasarkan pasal yang disangkakan padanya dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Selain syarat obyektif, penahanan Vanessa Angel juga dipertimbangkan dari syarat subyektif penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.


"Adapun alasan subjektif dari penyidik yaitu, satu yang bersangkutan (berpotensi) menghilangkan barang bukti, melarikan diri kemudian mengulangi perbuatannya," terang Barung melanjutkan penjelasannya.


Vanessa Angel dijebloskan ke penjara Mapolda Jatim selama 20 hari ke depan guna kelancaran proses penyelidikan selanjutnya.


Sebagai tersangka, Vanessa dikenakan Pasal 27 ayat 1 tentang UU ITE, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.


Artis Vanessa Angel ditetapkan tersangka oleh Subdit Crime Ditkrimsus Polda Jatim bersama empat mucikari karena terlibat prostitusi online yang juga melibatkan puluhan artis dan model.


Penyidik Polda Jatim menemukan dugaan kuat keterlibatan Vanessa Angel dengan mentransmisi video dan fotonya ke mucikari untuk dijajakan ke pria hidung belang sebanyak 9 kali transaksi, dari 15 data elektronik yang ditemukan.


Vanessa sendiri memasang tarif Rp 80 juta untuk siapapun pria hidung belang yang ingin menikmati tubuhnya.