Beritahati.com, Jakarta - Koneksi nirkabel WiFi yang buruk bisa membuat orang merasa tertekan. Terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan.


Penyebab dan cara untuk mengatasi koneksi WiFi yang bermasalah atau lambat memang tidak mudah. Terlebih lagi, saat internet itu sendiri sudah menjadi bagian hidup karena menyangkut pekerjaan dan kelancaran aktivitas sehari-hari. Saat Anda mengalami masalah pada WiFi lambat, langkah pertama adalah melakukan pengecekan pada router yang digunakan. Pasalnya,mmulai dari posisi sampai pengaturan router ini berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi.


Berikut cara tepat untuk mengatasi koneksi internet yang mengfalami gangguan:


Cek Posisi Router


Anda harus mengecek posisi router. Mungkin hal ini terkesan sepele, namun efeknya akan luar biasa. Router bekerja untuk mengirimkan sinyal ke semua arah. Kegunaannya inilah yang
membuat router harus di posisi yang strategis, misalnya di tengah ruangan. Apabila router diletakkan di pinggir jendela, nantinya akan ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Hal ini akan membuat sinyal WiFi sia-sia.
Letakkan di Tempat Terbaik Meletakkan router di tempat terbaik merupakan keharusan. Hal ini supaya sinyal WiFi dapat tertangkap dengan baik. Untuk itu letakkanlah router di ruangan, di mana Anda biasanya menghabiskan waktu untuk berseluncur internet.


Pilih Tempat Terbuka


Ada banyak sekali bahan yang dapat menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Supaya kinerja sinyal tetap optimal, lebih baik Anda tidak meletakkan router di antara mabel berukuran besar, dinding atau di dalam lemari. Carilah posisi yang bebas dari himpitan benda apapun sehingga router dapat terlihat dari sudut manapun.
Jauhkan Alat Elektronik Anda harus menjauhkan alat elektronik dari router Anda, seperti telepon nirkabel, microwave, dan TV. Perangkat apapun yang dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik harus disingkirkan atau dijauhkan dari outer karena dapat melemahkan kinerja sinyal WiFi.


Atur Antena Supaya Berdiri


Periksa Kekuatan Sinyal di Sejumlah Aplikasi. Periksalan kekuatan sinyal WiFi Anda di sejumlah aplikasi seperti Cloudchec atau Amped yang bisa dipakai untuk tujuan yang satu ini. Saat mengecek sinyalnya, Anda dapat memetakan bagian mana saja yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal paling lemah.


Atur Piranti Lunak Router


Anda bisa menambah kecepatan WiFi Anda dengan cara memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini dapat dibuka lewat IP khusus. Anda dapat mengeceknya di bagian bawah router pada panduan yang biasanya disertakan dalam boksnya. Setelah Anda berhasil masuk pada menu pengaturan, Anda bisa mengubah channel frekuensi router tersebut. Akan ada 14 channel yang dapat dipilih. Dari semua channel tersebut, channel terbaik adalah 1,6 dan 11. Channel ini cenderung
minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain. Tak hanya pengaturan channel, Anda pun harus mengecek pemutakhiran firmware. Biasanya, pembuat rauter akan mengeluarkan pemutakhiran firmware guna memperbaiki kinerja perangkat.


Speed Test


Lakukanlah speed test untuk mengetahui letak dari masalah koneksi Anda. Pertama, cobalah untuk melakukan koneksi WiFi, setelah itu lakukan hal serupa dengan memakai koneksi kabel. Bila keduanya sama-sama buru, itu artinya masalah terdapat pada penyedia layanan internet.


Ganti Router


Mengganti router merupakan jalan terakhir yang bisa Anda tempuh. Bila semuanya sudah dicoba dan hasilnya sama saja, maka hal ini bisa diambil.