Beritahati.com, Pamekasan - Sapi Madura adalah salah satu sapi yang unggul, selain Sapi Aceh dan Bali sapi daerah ini punya standart dan kualitas daging yang bagus. Pasalnya karkasnya tinggi serta lemak di daging sangat rendah hingga cukup baik dikonsumsi.


Kepala Bidang Pembibitan Pakan dan Produksi Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Indah mengatakan, bahwa sapi Madura memang memiliki keungulan tersendiri, sehingga terkenal dengan dagingnya yang bagus. Bahkan juga lebih survive tanpa pilah pilih musim.


"Musim hujan dan musim kemarau tidak menjadi persoalan bagi sapi Madura. Sebab daya dan ketahanannya cukup tinggi," jelasnya, Selasa (05/02/2019).


Ketika pakan kurang walaupun musim kemarau, sapi tersebut masih bisa survive input dan output nya. Bahkan kondisi tubuhnya juga seimbang dan sangat mudah beradaptasi.


"Ini kebanggaan dari masyarakat Madura itu sendiri, maka peliharalah sapi dengan semaksimal mungkin," paparnya.


Sedangkan perawatannya tidak jauh bedah dengan sapi pada umumnya di daerah lain, sehingga hanya butuh ketelatenan agar pertumbuhan sapi tersebut berkembang baik.