Bandung, Alternatif Kota Industri Setelah Jakarta

Bandung, Alternatif Kota Industri Setelah Jakarta

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Semakin berkembangnya perusahaan startups di Indonesia telah menjadikan Jakarta kehabisan ruang untuk memenuhi kebutuhan area perkantoran. Bandung pun dilirik perusahaan-perusahaan besar dunia serta perusahaan startup untuk menjadi pusat perkantoran mereka di masa depan.
 
Portal berita Lamudi mengungkapkan lima alasan utama mengapa Bandung menarik perhatian para investor sebagai alternatif kota industri setelah Jakarta.
 
1. Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dianggap memberikan sentimen positif terhadap perekonomian Bandung karena visi dan program kerjanya yang inovatif, seperti menginvestasikan $1.8 miliar untuk pembangunan monorail sepanjang 90 km dengan investasi $ 1.8 miliar. Ridwan Kamil dikenal cerdas dalam mengembangkan bisnis dengan memberikan perhatian lebih pada suara anak muda.
 
2. Kota Kelahiran Perusahaan Startups
Bandung dikenal sebagai kota kelahiran perusahaan-perusahaan startups yang bergerak di bidang teknologi. ColorLabs, Project.co.id, Nightspade, Indigo Trend adalah sebagian contohnya.
 
3. Wi-fi Hotspots
Bandung menargetkan pemasangan 40.000 hotspots. Ekspansi area wifi hotspots di Bandung meningkatkan angka produktivitas pemakaian internet di tahun 2015. Managing Director Lamudi Indonesia, Steven Ghoos menilai peningkatan angka pengguna internet memberikan kesempatan baik bagi berkembangnya bisnis e-commerce di Indonesia.

4. Teknopolis
Bandung tengah mempersiapkan lahan seluas 800 hektar di Gedebage untuk menjadi kota industri teknologi. Investasi sebesar $800 juta telah dipersiapkan untuk pembangunan kawasan yang akan menjadi rumah bagi ratusan perusahaan baru. Konsepnya berupa kota teknologi di dalam sebuah kota.

5. Tech Hub
Yang menjadi daya tarik utama perusahaan startups memulai bisnisnya di Bandung adalah banyaknya universitas yang menjadi penghasil sumber daya manusia handal. Bandung memiliki jumlah angkatan muda besar yang hampir seluruhnya telah melek teknologi bahkan menjadi ahli di bidang tersebut.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top