Beritahati.com, Jakarta - Salah yang paling menarik jika berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah yang usianya sangat tua hingga ribuan tahun. Didalam Kuil banyak menyimpan benda-benda suci dan penyembahan.


Kuil merupakan tempat-tempat di mana penduduk setempat berkumpul untuk mengambil bagian dalam momen damai yang benar-benar menarik perhatian para wisatawan. Bahkan saking magisnya, hanya di hadapan elemen arsitekturnya serta merasakan afmosfer saja, wisatawan sudah dapat merasakan efek yang membuat mereka terdiam sejenak saking takjubkannya.


Berikut deretan kuil dibawah ini bisa menjadi referensi kuil yang dapat dikunjungi jika pergi ke Jepang.


Kuil Sensonji


Sensoji adalah kuil tertua di Tokyo yang dibangun pada tahun 645 M di Asakusa. Legenda mengatakan bahwa dua nelayan menemukan patung Kannon di Sungai Sumida di dekatnya pada 628. Setelah menunjukkannya kepada kepala desa mereka, ia merombak rumahnya sendiri menjadi sebuah kuil kecil untuk mengabadikan patung itu untuk pemujaan di seluruh kota.


Ada banyak festival yang diadakan di setiap musim seperti Hozuki Ichi (Pasar Hozuki) dan Hagoita Ichi (Pasar Hagoita). Furaijinmon (alias Kaminarimon / Gerbang Petir) yang ada di pintu masuk Kuil Sensoji ini merupakan lokasi foto favorit para pengunjung. Di sini ada banyak wisatawan yang mengambil foto sebagai tempat selfie dan update status sosomed mereka.


Kuil Hiraizumi


Hiraizumi adalah sebuah kota di daerah selatan Iwate di wilayah Tohoku di Jepang dan terkenal dengan reruntuhan bersejarah dan bangunan sakralnya, bahkan beberapa kuil di sana telah “dikultuskan” sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kunjungilah salah satu bangunan dan Anda akan disambut dengan ruang yang tenang dan arsitektur yang cerah dan indah.


Kuil Kotoku In


Terletak di Kamakura, Kanagawa, Jepang, Kuil Kotoku In secara umum dikenal dengan "Great Buddha", terdapat sebuah patung perunggu tengah menyapa orang-orang yang sedang mengunjungi ruang suci. Tidak ada yang tahu persis berapa usia patung itu, namun kebanyakan masyarakat mengatakan sekitar 1252 tahun. Sang Buddha Agung didahului oleh sebuah monumen kayu dari granduer sama yang membutuhkan 10 tahun untuk diselesaikan.


Kuil Kiyomizu-dera


Kuil Buddha di Kyoto Timur ini merupakan bagian dari serangkaian monumen di kota kuno yang telah dijuluki sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kiyomizu-dera, bila diterjemahkan akan menjadi "Kuil Air Murni" . Kuil ini merupakan rumah dari Dewi pemberi rahmat dan menjadi simbol yang telah bertahan selama lebih dari 1.200 tahun.


Kuil Todaiji


Kuil ini terletak di Nara dan di dalamnya terdapat patung Buddha raksasa yang terkenal yaitu, Patung Rushanabutsu dengan tinggi 14,98 meter. Mulai dibangun pada tahun 743 M dan selesai 9 tahun kemudian yang menggunakan sekitar 2,6 juta orang untuk mendirikannya. Daibutsuden (Aula Daibutsu) tempat Patung Rushanabutsu tersebut berada juga terkenal sebagai bangunan kayu terbesar di Jepang. Di dalam Daibutsuden, ada sebuah pilar yang memiliki lubang. Lubang tersebut disebut dengan “Daibutsu no hana no ana (Lubang Hidung Buddha)” yang memeiliki legenda jika bisa melewati lubang tersebut menjadi akan bahagia.


Kuil Horyuji


Berlokasi di daerah Nara dibangun pada tahun 607 dan merupakan bangunan kayu tertua di dunia. Pada tahun 1993, kuil ini menjadi kuil pertama yang terdaftar di UNESCO sebagai warisan dunia. Ada banyak bangunan dan patung Buddha di dalam situs Kuil Horyuji yang telah ditetapkan sebagai kekayaan Negara Kuil Horyuji juga terkenal dengan banyaknya patung Buddha yang telah diabadikan di dalamnya. Biasanya Guze Kannon (Patung Kannon Bosatsu) tidak dibuka untuk umum. Namun, setiap tahunnya ada waktu khusus untuk patung tersebut dibuka untuk umum, yaitu pada musim semi dan musim gugur.