Beritahati.com, Jakarta - Seperti dilansir dari TIME, sebuah data membeberkan bahwa hampir 36 persen penduduk Amerika berusia 20-39 tahun mengalami obesitas. Angka tersebut diperkirakan akan terus naik dan dinilai juga dialami oleh wilayah di belahan dunia lain.


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika tren obesitas terus berlanjut, 57 persen anak akan mengalami obesitas pada saat berusia 35 tahun. Hal ini tentunya buruk untuk kesehatan, khususnya karena memperbesar risiko terkena penyakit kanker.


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Public Health, enam jenis kanker yang rentan dialami generasi milenial akibat obesitas adalah myeloma, kolorektal, endometrial, empedu, ginjal dan pankreas.


Meski kanker paling sering menyerang kelompok paruh baya hingga lansia, peningkatan paling tajam saat ini ditemukan pada kelompok usia yang lebih muda. Lebih lanjut, penelitian tersebut memaparkan bahwa peningkatan secara tajam terjadi pada tahun 1995-2014.


Kanker yang berasal dari obesitas dan menyerang generasi milenial, biasanya disebabkan oleh faktor genetik, gaya hidup, serta aspek kesehatan lainnya. Banyak studi telah mengaitkan kelebihan berat badan dengan sekitar 40 persen kasus kanker.