Beritahati.com, Jakarta - Berbagai bakteri selalu ada setiap barang yang memiliki lingkup udara terbuka begitu pula denan uang kertas. Berbicara tentang uang sudah termasuk dengan sesuatu yang kotor, ternyata para peneliti menemukan ada ribuan bakteri yang hidup di uang kertas.


Sebuah studi komprehensif tentang DNA di uang kertas, para peneliti di New York University's Dirty Money Project menemukan bahwa uang kertas adalah medium tempat bakteri hidup dan menyebar dari tangan ke tangan.


Dengan menganalisa bahan genetik uang $1, para peneliti berhasil mengidentifikasi 3000 tipe bakteri berbeda, jumlah ini lebih banyak dari pada penelitian sebelumnya yang hanya menggunakan mikroskop. Para peneliti juga menemukan hanya 20% non DNA manusia yang ditemukan karena begitu banyaknya bakteri yang ada yang belum masuk kategori genetik di bank data.


Bakteri yang paling banyak ditemukan adalah baketri penyebab jerawat. Bakteri lain terkait dengan gastritis, pneumonia, keracunan makanan dan infeksi stafilokokus. Beberapa genetik yang ditemukan resisten terhadap antibiotika.


Penemuan ini sendiri sangat mengejutkan para peneliti, karena mereka benar-benar melihat dan menemukan bakteri hidup dan berkembang biak di uang kertas.


Penelitian yang belum dipublikasikan ini memberikan peringatan kepada dunia internasional mengenai betapa kotornya uang. Dari rupee, rupah sampai euro, uang kertas adalah sarana penyebar bakteri yang paling cepat didunia.