Beritahati.com, Jakarta - Memiliki mata minus sering mengganggu aktifitas kehidupan kita, banyak faktor yang menyebabkan itu. Bermain game di depan komputer atau menatap layar handphone yang terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab kita mengalami mata minus. Mau tidak mau ujung-ujungnya kita harus memakai kacamata juga. Tidak jarang beberapa orang merasa risih dalam memakai kacamata, karena dianggap tidak nyaman ataupun malu. Sehingga banyak kabar beredar bahwa melepas kacamata bisa menyembuhkan mata minus.


seperti dilansir detik health, benarkah sering melepas kacamata bisa membuat kita bebas dari mata minus?


1.Kenapa mata bisa sulit melihat jarak jauh (mata minus)?
Mata minus alias rabun jauh atau disebut dengan miopi terjadi akibat bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang melengkung terlalu curam. Ini membuat cahaya yang harusnya jatuh tepat di retina justru berada di depan retina mata.


Cahaya yang diterima akan merangsang saraf mata untuk mengolahnya menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak supaya kita bisa melihat gambar. Namun karena cahaya tersebut jatuh di depan retina, sel saraf mata tidak bisa memprosesnya dengan baik sehingga benda yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur. Selain pandangan kabur, mata minus juga umumnya membuat mata terasa perih dan lelah hingga sakit kepala.


2. Sering lepas kacamata bisa menyembuhkan mata minus?
Memakai kacamata bisa membantu memberikan penglihatan yang lebih jelas. Namun, banyak orang yang sering melepas kacamatanya karena katanya membiasakan diri tidak pakai kacamata bisa menyembuhkan mata minus mereka.


Dilansir dari Detik Health, dr. Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis di RS Mata Cicendo Bandung menegaskan bahwa sering lepas kacamata tidak akan menyembuhkan mata minus. Minus mata tidak akan terpengaruh oleh seberapa sering Anda melepas atau memakai kacamatanya. Terus-menerus memakai kacamata tidak akan menambah minus, begitu juga dengan lepas kacamata yang tidak akan memperbaiki penglihatan Anda.


3. Lalu, adakah cara untuk menyembuhkan mata minus?
Belum ada pengobatan yang benar-benar ampuh untuk menyembuhkan mata minus, tapi kalian bisa menjalani LASIK untuk mengoreksi bentuk kornea sehingga sehingga cahaya yang masuk dapat fokus tepat di retina. Setelah LASIK, kalian tidak perlu lagi memakai kacamata atau lensa kontak.


Yang terpenting bila kalian memiliki mata minus adalah selalu rutin mengecek kesehatan mata dan kondisi kacamata Anda. Kacamata dengan resep lensa yang tidak sesuai bisa memperparah minus mata.


Selain itu, beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan, seperti terlalu lama bermain game atau bermain komputer, membaca dalam gelap, hingga menonton TV terlalu dekat juga harus dihentikan karena bisa membuat mata minus bertambah.


Gimana menurut kalian, masih percayakah sering melepas kacamata dapat membuat kita terbebas dari mata minus?