Beritahati.com, Jakarta - Keluhan sesak napas saat hamil dapat diatasi lewat beberapa cara, salah satunya dengan senam pernapasan.


"Tapi sebenarnya senam pernapasan itu bisa dilakukan saat menjalani program senam hamil," ujar dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.


Sebab pada saat senam hamil, calon ibu akan diajarkan teknik mengatur pernapasan yang baik dalam kondisi bersalin. Namun, teknik pernapasan tersebut juga bisa digunakan untuk kondisi hamil.


Disampaikan oleh dr. Resthie, teknik pernapasan yang dapat Anda latih adalah dengan menarik napas perlahan lalu buang napas perlahan juga.


“Lakukan selama 5 menit dengan irama yang teratur, sambil memfokuskan diri pada suatu objek tertentu, misalnya melihat satu foto dan tak memikirkan hal lainnya.”


Tak hanya lewat senam pernapasan, sesak napas saat hamil juga bisa dikurangi dengan cara lainnya.


Berikut ini tips dari dr. Resthie untuk menangani sesak napas yang Anda alami :


1. Tidur miring ke kiri
Tidur miring ke kiri akan membantu memperlancar peredaran darah ke plasenta sehingga bayi mendapat aliran darah yang cukup. Selain itu, saat tidur miring ke kiri, rahim tidak akan terlalu mendesak ke atas sehingga jantung dan paru akan memiliki ruangan yang lebih luas dan sesak akan terasa lebih ringan.


2. Menggunakan penyangga perut khusus ibu hamil
Penyangga perut tidak hanya dapat membantu mendukung otot perut dan punggung bawah saja, tetapi juga bisa membantu agar tubuh ibu hamil berada dalam postur yang baik. Postur tubuh yang baik akan membantu mengurangi rasa sesak napas.


Sesak napas wajar terjadi saat hamil, tapi perlu mendapat perhatian agar kehamilan berjalan dengan baik. Anda bisa mengatasi keluhan tersebut dengan senam pernapasan, tidur miring ke kiri, serta menggunakan penyangga perut khusus ibu hamil. Jika kondisi sesak napas saat hamil sudah sangat mengganggu, konsultasikan segera dengan dokter Anda.