Beritahati.com, Jakarta - Terkait dengan kebakaran lahan gambut di Kabupaten Bengkalis, Riau, yang sulit dipadamkan sejak 1 Januari 2019 hingga Minggu, 24 Februari 2019, ternyata luas lahan yang terbakar telah meluas dari 892 hektar menjadi 920 hektar.


Atas keadaan tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Karhutla secara bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk berupaya melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar dengan cara menambah peralatan pompa air dan menggunakan helikopter untuk melakukan pemadaman dari udara.


"Dengan begitu, saya juga mendorong TNI untuk memberikan tenaga bantuan kepada Satgas Karhutla baik berupa peralatan yang digunakan, seperti helikopter yang akan mengangkut bom air serta petugas darat untuk membantu pemadaman api," terang Bamsoet seperti keterangan resminya kepada wartawan, Selasa (26/2/2019).


Selain itu, dirinya juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk aktif memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami sesak nafas (ISPA) yang diakibatkan kabut asap dari kebakaran lahan.


"Terakhir, saya juga meminta Kepolisian RI untuk terus melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku-pelaku pembakaran hutan agar nantinya dapat dituntut ke pengadilan dan dijatuhi sanksi yang tegas sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku," tegas Bamsoet.