Beritahati.com, Jakarta - Libur Nyepi, warga Jakarta sampai dari luar Ibukota mulai memadati kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Kamis (7/3/2019), sejak pagi hari pukul 08.30 WIB.


Menurut pantauan Beritahati, warga datang menggunakan mobil pribadi, sewa bus, bahkan naik busway, yang diketahui bersama, sejak era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, telah dibuka halte busway Ancol untuk memudahkan warga berwisata.


Sementara itu, Seaworld Ancol sejak pagi sudah mulai didatangi warga Jakarta untuk menikmati liburan bersama keluarga, pasangan, rekan kerja, atau teman-teman. Ada atraksi menarik di Seaworld hari ini, yakni pertunjukan budaya bertajuk “Barongan, an Epic Underwater Show” yang akan berlangsung di akuarium utama mulai 7-10 Maret 2019.


Kemudian, warga Jakarta dimanjakan pula dengan menikmati liburan lebih hemat di Dunia Fantasi (Dufan) dengan memanfaatkan program promo yang sedang berlangsung. Demikian diungkapkan Rika Lestari, Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol.



Liburan hemat yang dimaksud Rika adalah promo Girls Month di Dunia Fantasi Ancol. Sepanjang Maret ini, setiap perempuan yang ingin berlibur di Dufan bisa mendapatkan harga spesial yaitu Rp.120.000,- di hari kerja dan Rp.170.000,- di akhir pekan.


Ada juga promo Annual Pass Dufan dan Atlantis Water Adventures. Apabila ingin merasakan liburan setahun penuh secara gratis di Dufan dan Atlantis, pengunjung dapat membeli Annual Pass seharga Rp.400.000,- untuk Dufan atau seharga Rp.170.000,- untuk Atlantis.


"Jangan sampai terlewatkan karena pada tahun ini ada wahana baru yang akan diluncurkan di dua destinasi tersebut," tandas Rika di Taman Impian Jaya Ancol, Kamis (7/3/2019).


Pada bagian lain, Suasana Seaworld begitu dibuka loket, langsung diserbu pengunjung. Warga mulai mengarahkan anak-anak mereka untuk melihat hewan-hewan laut koleksi Seaworld nan eksotis. Namun ada pula anak-anak yang langsung menghampiri hewan favoritnya, semisal penyu.


Seorang bocah kecil menikmati suasana menyaksikan penyu yang berenang kian kemari. Tanpa takut, bocah tersebut terus mendekati kolam buatan di hadapannya agar semakin dekat dengan penyu tersebut. Tentunya didampingi oleh sang ibu di belakangnya.


"Iya penyu besar, dia (anakku) suka. Nanti mau lihat Barongan juga," ujar si Ibu saat diwawancarai Beritahati, Kamis (7/3/2019).


Pertunjukan Barongan di dalam air segera dimulai. Tari Barong sendiri menggambarkan pertarungan yang sengit antara kebaikan melawan kejahatan dan dilambangkan dengan Barong dan Rangda. Pertunjukan Barong bawah air ini bercerita tentang sebuah negeri yang damai dimana kehidupan manusia begitu serasi dengan alam.


Namun, kedamaian itu mulai terusik ketika manusia semakin teperdaya oleh keserakahan dan mulai merusak alam. Tanpa sadar, perilaku buruk itu pun membangkitkan sosok Rangda yang jahat ke tengah-tengah kehidupan mereka.


Sampah, polusi, dan pencemaran alam kemudian menjadi ancaman baru terhadap kehidupan mereka. Melihat kekacauan ini, manusia pun meminta bantuan kepada para dewata yang akhirnya mengutus Barong dari darat dan laut untuk meredam Rangda. Duel antara kedua sisi ini akhirnya menyadarkan manusia agar selalu menjaga alam tempat mereka tinggal. Perang ini pun membawa pesan bagi manusia untuk terus menjaga diri dari keserakahan yang membawa mereka kepada bencana.


Para pengunjung bisa menikmati pertunjukan unik ini pada 7-10, 16 dan 17 Maret 2019, di akuarium utama Sea World Ancol.
Pertunjukan pertama dilakukan pada pukul 10.45 WIB, sementara pertunjukan kedua bisa disaksikan pada pukul 13.45 WIB. Selain itu, jangan lewatkan pula workshop Barong dan budaya Bali yang akan berlangsung 8-10 Maret 2019 di area teater Sea World Ancol mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.


“Pertunjukan budaya Bali ini kami sajikan kepada masyarakat untuk mengisi liburan pada hari libur Nyepi dan akhir pekan, kami hadirkan sesuatu yang menarik dan unik agar pengunjung Sea World Ancol tidak hanya belajar mengenai keanekaragaman hayati, namun dapat mengenal keragaman budaya Indonesia. Dalam kesempatan ini kami mengajak budayawan Bali dari Pure Aditya Jaya dan berharap pesan baik ini dapat diterima oleh pengunjung," Ujar Rika Sudranto, Vice President Sea World Ancol kepada awak media, Kamis (7/3/2019).


Video : Ulfa/Beritahati