Beritahati.com, Jakarta - Mengisi Libur Nyepi, pertunjukan budaya bertajuk “Barongan, an Epic Underwater Show” sudah mulai berlangsung di Seaworld Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (7/3/2019).


Fery, pemeran Barong dalam lakon pertunjukan dalam air mengatakan, persiapan tidak ada yang istimewa, seperti biasa latihan penyesuaian terutama saat Barong masuk dalam air.


"Kami tidak ada yang dari Bali, hanya karyawan Sea World Ancol Jakarta saja. Ada kesulitan dalam hal komunikasi ketika mengenakan Barong, tapi akhirnya bisa diatasi," ujar Fery kepada Beritahati di lokasi usai pertunjukan 'Barongan, an Epic Underwater Show', Kamis (7/3/2019).


Satu perasaan yang muncul, menurut Fery, ketika turun pertama kali ke dalam air lengkap dengan pakaian Barong, yakni rasa bahagia bahwa sebentar lagi bisa menghibur pengunjung Sea World Ancol yang memang membludak di Libur Nyepi hari ini.



"Lebih dari itu, pertunjukan Barongan dalam air ini sebenarnya memiliki makna yang cukup dalam yah buat kami di sini. Makna kebersamaan dalam teamwork. Artinya semua menyatu dengan masing-masing kemampuan dan skill dalam air yang dimiliki untuk menghadirkan pertunjukan yang luar biasa bagi pengunjung," tutur Fery lagi.


Fery lantas bercerita mengenai lakon Barong versus Rangda yang diperankannya bersama semua rekan di Sea World Ancol. Dimulai dengan Tari Kecak masyarakat yang akhirnya secara tidak sengaja memunculkan Rangda ke dalam dunia, sosok jahat bagi umat manusia.


"Saya tidak tahu sebutannya yah, tapi sepertinya Rangda itu memang monster ya," kata Fery.


Setelah kemunculan Rangda, manusia langsung memanggil Barong. Akhirnya datanglah Barong dan bertarung mengusir Rangda dari dunia manusia.


"Melalui pertunjukan Barongan di dalam air ini, kami di Sea World Ancol Jakarta bangga bisa menampilkan budaya nusantara," tandas Fery.



Pada bagian lain, Rika Lestari, Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol menginformasikan, para pengunjung bisa menikmati pertunjukan unik ini pada 7-10, 16 dan 17 Maret 2019, di akuarium utama Sea World Ancol.


Pertunjukan pertama dilakukan pada pukul 10.45 WIB, sementara pertunjukan kedua bisa disaksikan pada pukul 13.45 WIB. Selain itu, jangan lewatkan pula workshop Barong dan budaya Bali yang akan berlangsung 8-10 Maret 2019 di area teater Sea World Ancol mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.


Sementara Rika Sudranto, Vice President Sea World Ancol mengatakan, pertunjukan budaya Bali ini disajikan kepada masyarakat untuk mengisi liburan pada hari libur Nyepi dan akhir pekan. Pihaknya berupaya menghadirkan sesuatu yang menarik dan unik agar pengunjung Sea World Ancol tidak hanya belajar mengenai keanekaragaman hayati, namun dapat mengenal keragaman budaya Indonesia.


"Dalam kesempatan ini kami mengajak budayawan Bali dari Pure Aditya Jaya dan berharap pesan baik ini dapat diterima oleh pengunjung," ujar Rika Sudranto kepada awak media, Kamis (7/3/2019).



Video : Ulfa/Beritahati