Beritahat.com, Jakarta - Bangun pagi terasa berat di hari kerja? Hal ini mungkin dikarenakan Anda sudah memulai hari dengan cara yang salah. Jika Anda dapat menghindari beberapa kebiasaan buruk sebelum bekerja, maka hari Anda mungkin tidak akan terasa terlalu berat. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja.



1. Memencet Tombol Snooze


Memang benar bahwa bangun pagi untuk berangkat kerja kadangkala dapat terasa sangat berat. Akan tetapi, memencet tombol snooze pada alarm Anda merupakan kebiasaan yang tidak sehat yang harus segera Anda hentikan karena 2 alasan. Yang pertama, kebiasaan ini justru akan membuat pagi Anda semakin berat karena Anda semakin mengantuk karena beberapa menit tambahan tersebut.


Yang kedua, beberapa menit tambahan tersebut dapat membuat Anda terlambat. Oleh karena itu, cobalah tidur lebih pagi di malam hari atau letakkan alarm Anda cukup jauh sehingga Anda terpaksa harus bangun untuk memastikannya.



2. Memeriksa Email atau Akun Medsos


Jangan memeriksa email atau akun media sosial Anda hingga Anda sampai di tempat kerja. Mengapa? Karena hal in justru akan membuat Anda memulai hari dengan perasaan negatif setelah melihat begitu banyak pekerjaan yang menanti atau ada kabar tidak menyenangkan. Selain itu, Anda akan membuat lebih banyak kesalahan bila Anda membalas email saat Anda baru saja terbangun.



3. Mandi di Pagi Hari


Bila Anda terbiasa mandi dengan air hangat di pagi hari, maka akan lebih baik bila Anda tidak mandi di pagi hari. Mengapa? Hal ini dikarenakan mandi air hangat justru akan memberikan informasi yang salah pada saraf dan otot-otot tubuh Anda, yaitu memberitahu mereka untuk rileks. Denyut jantung Anda melambat dan pada akhirnya Anda pun akan merasa lebih lelah.



4. Mencari Baju


Bila Anda merupakan orang yang selalu bingung harus mengenakan pakaian apa saat akan berangkat kerja di pagi hari, ada baiknya bila Anda menyiapkan pakaian apa yang ingin Anda pakai malam sebelumnya. Dengan demikian, Anda pun dapat menyelamatkan diri Anda dari tambahan kesibukan di pagi hari dan bisa tidur lebih lama.



5. Sarapan Penuh Karbo


Memang benar bahwa makan nasi, bubur, atau roti sebagai sarapan akan terasa lebih memuaskan, akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana akan membuat Anda lebih ingin mengkonsumsi makanan tidak sehat di sepanjang hari. Daripada memilih menu sarapan penuh karbo, pilihlah makanan yang mengandung banyak protein. Selain dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, protein juga dapat membantu pembentukkan otot.



6. Gosok Gigi Setelah Makan


Menggosok gigi setelah sarapan ternyata justru lebih berbahaya karena dapat membuat gula terdorong ke permukaan gigi dan mengerosi email gigi. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda menggosok gigi segera setelah Anda bangun.



7. Berangkat Dengan Waktu Mepet


Jangan berangkat kerja terlalu berdekatan dengan jam masuk kantor Anda. Hal ini dapat membuat Anda terburu-buru dan membuat pikiran Anda terasa mumet saat sampai di kantor. Akan lebih baik bila Anda berangkat lebih pagi dan menikmati perjalanan Anda ke kantor tanpa rasa cemas. Dengan demikian, pikiran Anda pun akan terasa lebih jernih saat mulai bekerja.