Beritahati.com, Jakarta - Liverpool tampil perkasa pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Liverpool menaklukkan Bayern Muenchen 3-1 di Allianz Arena, Muenchen, Kamis (14/3) dini hari WIB, untuk melaju ke babak perempat final. Liverpool unggul agregat 3-1 setelah pada pertemuan pertama di Anfield hanya bermain imbang 0-0.


Sejumlah torehan statistik menarik tercipta dari kemenangan tersebut. Berikut tujuh fakta angka dari kemenangan Liverpool atas Muenchen, dikutip dari laman UEFA:


1. Angka 4 (empat)


Untuk ketiga kalinya dalam sejarah Liga Champions UEFA, empat tim Inggris akan mentas di perempat final. Tidak ada negara lain yang berhasil melakukannya. Sebelumnya, ini terjadi pada 2007/08 dan 2008/09 ddengan kehadiran Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United. Kali ini, posisi Arsenal dan Chelsea digantikan Manchester City dan Tottenham Hotspur.


2. Angka 1 (satu)


Gol pertama Virgil Van Dijk di Liga Champions datang dalam laga ke-19 di kompetisi ini.


3. Angka 9 (sembilan)


Sembilan dari 12 gol Sadio Mane di Liga Champions UEFA hadir pada babak gugur. Ia selalu menjadi penyelamat saat Liverpool dalam kebuntuan.


4.Angka 4 (empat)


Matip menjadi pemain keempat Liverpool yang mencetak gol bunuh diri di Liga Champions UEFA setelah Sami Hyypiä (Besiktas, 2007), John Arne Riise (Chelsea, 2008) dan James Milner (Roma, 2018).


5.Angka 100 (seratus)


Manuel Neuer membuat penampilan ke-100 di Liga Champions saat mengawal gawang Bayern Muenchen pada laga ini. Neuer menjadi pemain ke-38 yang mencapai angka 100 laga di Liga Champions UEFA, dan penjaga keenam setelah Iker Casillas, Gianluigi Buffon, Petr Cech, Víctor Valdés, dan Oliver Kahn.


6. Angka 15 ( Lima Belas)


Liverpool lolos ke perempat final Piala Eropa/Liga Champions untuk ke-15 kalinya. Mereka memenangkan sepuluh dari 14 kesempatan sebelumnya.


7. Angka 7 (tujuh)
Langkah Bayern selalu tampil di perempat final dalam tujuh musim berurutan di Liga Champions UEFA berakhir.