Beritahati.com, Jakarta - Pembangunan MRT Fase 1 (tahap satu) digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pada Februari 2017. Setelah groundbreaking dan pencanangan pembangunan MRT, Jokowi mengatakan kala itu, target operasional perdana adalah Maret 2019. Dan sang gubernur sudah menepati janjinya.


Sekarang, Presiden Joko Widodo, orang yang mencanangkan MRT pada Februari 2017 kala masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, akhirnya meresmikan proyek tersebut, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (24/3/2019).


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa pihaknya telah merampungkan pembangunan MRT tahap satu yang adalah sebuah terobosan infrastruktur untuk mengatasi masalah transportasi di DKI Jakarta.


"Telah dituntaskan pembangunan 13 stasiun, masing-masing MRT menggunakan 8 rangkaian, dengan waktu operasional antara pukul 05.30-22.30 WIB selama Maret hingga April 2019," sebut Gubernur Anies dalam sambutannya, Minggu (24/3/2019).


Selanjutnya, sesudah 1 April 2019, rangkaian MRT akan bertambah menjadi 16, dengan waktu operasional antara pukul 05.00-24.00 WIB setiap hari.



MRT juga didukung oleh 71 orang masinis profesional dan 350 orang tenaga kerja operasional setiap hari, dimana perkiraan penumpang di hari awal operasi mencapai 65 ribu orang, yang secara bertahap akan dikembangkan menjadi 130 ribu penumpang per harinya.


Saat ini, menurut Anies, MRT telah terintegrasi dengan TransJakarta, dan ke depan tersambung juga dengan CommuterLine dan Kereta Api.


Menutup sambutannya, Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada para Gubernur DKI Jakarta pendahulunya yang menjadi cikal bakal pembangunan MRT, yakni Sutiyoso (Bang Yos), Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, dan Djarot Saiful Hidayat. Dan sebagai pamungkas, dirinya berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang selalu mengawal proses pembangunan proyek ini sejak awal hingga diresmikan hari ini.


Tak lupa Anies juga menyampaikan penghargaan tertinggi kepada 253.553 pekerja yang bekerja sejak groundbreaking sampai dengan hari ini dalam pembangunan MRT.


"Mereka bekerja dalam sunyi, bekerja tak terlihat, merekalah yang kerja siang-malam hingga proyek tuntas hingga hari ini," tandasnya.


Video & Editing : Miechell/Beritahati