Beritahati.com, Jakarta - Pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah tengah menantikan kehadiran anak keduanya. Pada usia kandungan ke tujuh bulan, Sarwendah melakukan upacara Menuak khas adat Jambi. Keluarganya pun ikut hadir dalam acara tersebut


Menuak merupakan ritual adat masyarakat Jambi untuk memperingati kehamilan seseorang yang telah mencapai usia 7 bulan. Dalam ritual tersebut, keluarga Ruben Onsu mengenakan pakaian khas adat Jambi.


"Ini memang kita mengambil adat Jambi, karena waktu Thalia (sedang dalam kandungan), kita mengambil adat jawa. Dan kebetulan, kalau Jambi itu adat dari keluarga Wenda dari Jambi. Biar adil, anak kedua ikut adat Jambi," ungkap Ruben Onsu di sela-sela acara di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (24/3) kemarin.


Setelah keluarga Ruben Onsu naik ke atas panggung, Sarwendah kemudian melakukan sungkeman kepada Ruben Onsu untuk meminta restu. Selanjutnya, Sarwendah mengunyah sirih pinang dengan maksud agar mudah saat melahirkan si jabang bayi.


"Sirih pinang supaya dilancarkan, sebagai tanda supaya dilancarkan," ucap mantan personel Cherrybell tersebut.


Setelah itu, Sarwendah kemudian menyuapi anak yatim dengan jumlah ganjil sebagai pengganti dari dukun beranak. Sebab, jaman dulu dukun beranak merupakan pengganti dokter untuk membantu calon ibu melahirkan anak.


Ruben mengganti dukun beranak dengan anak yatim dengan harapan diberi keselamatan bagi calon anak keduanya.


Selanjutnya, Ruben Onsu membelah buah kelapa. Jika terpecah di tengah, konon anaknya anak berjenis kelamin laki-laki. Kalau agak miring, maka calon anaknya akan berjenis kelamin perempuan.


Pada saat Ruben membelah buah kelapa, belahannya dapat dibilang tepat di tengah buah kepala. Ruben pun merasa senang dengan hasil tersebut. Sebab, ia ingin punya anak laki-laki.


"Saya inginnya laki-laki biar sepasang. Tapi saya takutnya gini, bayi ngerasa. Saya selalu bisikin perutnya Wenda, yang penting kamu sehat, berguna untuk semua orang," terang Ruben.


Acara tersebut ditutup dengan tarian adat khas Jambi yakni 'Sekapur Sirih'. Sejumlah tamu undangan dan artis juga ikut hadir pada acara tersebut. Di antaranya, Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan, Nagita Slavina, Titi Kamal, Mona Ratuliu, Lee Jeong Hoon, Tya Ariestya, hingga Deswita Maharani.


Ruben berharap agar calon bayi yang dilahirkan Sarwendah nanti, dapat berguna dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.


"Terima kasih buat semua teman-teman yang sudah hadir. Mohon doanya, semoga proses lahirannya istri saya berjalan dengan lancar, dan anaknya bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua, bangsa, dan negara, serta agama," pungkas Ruben Onsu sambil tersenyum.