Beritahati.com, Jakarta - Seorang perempuan harus mampu mengelola stres dengan baik sehingga terhindar dari penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :


Bersosialisasilah!
Carilah waktu bersama teman dan orang-orang terkasih untuk bersenang-senang dan saling mendukung. Sebab, ada studi yang melaporkan bahwa mengisolasi diri saat stres justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Isolasi sosial juga berkaitan dengan perilaku, seperti merokok dan terlalu banyak berdiam diri, sehingga risiko terkena penyakit jantung juga meningkat.


Yuk, bergerak aktif!
Saat Anda mengalami stres berat, ketimbang melampiaskannya dengan banyak makan, lebih baik luapkan dengan berolahraga. Sebab, olahraga dapat meningkatkan endorfin, sehingga suasana hati akan membaik secara alami. Lagi pula, sudah menjadi rahasia umum bahwa melakukan olahraga aerobik dapat menyehatkan jantung.


Jadi, dengan berolahraga, Anda bisa mendapatkan dua efek positif sekaligus: perbaikan suasana hati dan terpeliharanya kesehatan jantung! American Heart Association merekomendasikan olahraga aerobik dilakukan sebanyak lima kali dalam seminggu, 30 menit tiap satu sesi.


Jangan jadikan makanan sebagai pelarian stres
Kalau sedang stres, umumnya yang dicari adalah makanan yang cenderung manis dan berlemak. Jika ini dilakukan terus-menerus, kegemukan dan obesitas bisa terjadi, sehingga risiko untuk terkena serangan jantung (juga diabetes) juga makin tinggi.


Jangan berhenti untuk tetap optimis
Punya masalah atau beban hidup memang bisa bikin sedih. Namun, cobalah untuk tidak bersedih secara berlebihan apalagi hingga berlarut-larut. Sebisa mungkin, cobalah untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang lebih positif. Beberapa penelitian membuktikan bahwa optimisme dapat meningkatkan kesehatan. Sebagai contoh, ada studi yang menunjukkan bahwa sikap optimis dapat membantu pemulihan sindrom koroner akut.


Luangkan waktu untuk diri sendiri
Sesibuk apa pun, wanita tak boleh lupa merawat diri. Kadang, terlalu sibuk mengurus rumah tangga membuat seorang wanita lupa dengan kesehatan dirinya. Pastikan Anda punya waktu untuk makan sehat, berolahraga, serta melakukan aktivitas yang Anda suka.