Beritahati.com, Surabaya - Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur (Jatim) sangatlah banyak dan memiliki aneka ragam kompetensi atau jurusan di dalamnya. Salah satunya, SMKN 12 Surabaya yang terkenal melahirkan banyak kreatifitas dan kerajinan di Jatim. Oleh karena itu, guna mengoptimalkan peran SMK yang sudah bagus, Pemprov Jatim akan menginventarisir dan mengkanalisasi kebutuhan serta keunggulan dari SMK tersebut.


Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka Pameran Tugas Akhir SMKN 12 Surabaya di JX Internasional Surabaya, Kamis (11/4/2019).


Ia mengatakan, proses kanalisasi tersebut akan dipetakan oleh Pemprov Jatim lewat Dinas Pendidikan. Pada Nawa Bhakti Satya juga disebutkan bahwa terdapat program bagi kaum millenial yang cocok bagi generasi muda SMK yakni Millenial Job Center (MJC).


Nantinya, lanjut Khofifah, lewat Millenial Job Center tersebut, SMKN 12 yang terkenal dengan seni lukis, desain interior, desain komunikasi visual, animasi dan kriya, akan disiapkan kanalisasinya lewat program penguatan atau pendalaman ilmu melalui kursus pendidikan.


"Kami memiliki Millenial Job Center yang akan memberikan akses terhadap lulusan SMK. Di MJC tersebut, nantinya bentuk kanalisasi seperti apa saja yang harus disiapkan. Mungkin butuh kursus 6 bulan atau 1 tahun. Kita ingin memaksimalkan dari seluruh kreatifitas yang telah tumbuh dan dimiliki SMKN 12 ini," tegasnya.


Mantan mensos ini menambahkan, pihaknya mengajak semua siswa yang memiliki sosial media baik itu instagram, facebook atau twitter untuk mempromosikan SMKN 12 yang memiliki kreatifitas seni yang luar biasa ini.


"Kepada anak anakku, mari kita upload di media sosial keiistemewaan dari sekolah kita baik kerajinan dan seninya. Bikinlah status hebatnya SMKN 12 agar dunia mengenal sekolah kita dan kerennya bersekolah di SMKN 12," tutup Gubernur Khofifah.