Beritahati.com, Jakarta - Mengisi masa tenang sebelum Pemilu pada 17 April 2019 mendatang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci, Saudi Arabia, Senin (15/4/2019).


Dalam kesempatan umrah, didampingi Raja Salman, Presiden Jokowi didaulat masuk ke dalam Ka'bah, sebagai tamu kehormatan, dan menjadi Presiden ke-3 RI yang diundang masuk ke dalam Ka'bah setelah sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono dan Soeharto. Tidak sembarang orang bisa bebas masuk ke dalam Ka'bah, hanya tamu kehormatan Raja saja yang diizinkan masuk. Artinya, keislaman tokoh tersebut diakui sepenuhnya oleh Kerajaan Arab Saudi.



Potret Jokowi yang memasuki Ka'bah diunggah Menteri Sekertaris Kabinet Pramono Anung melalui akun Twitter pribadinya. Dalam foto tersebut, Jokowi melangkah masuk ke dalam Ka'bah mengenakan kain Ihram putih.


Sebelumnya, Jokowi dan rombongan tiba di Arab Saudi pada Minggu (14/4), dan Jokowi langsung menemui Raja Salman di Riyadh, kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman, pewaris tahta Kerajaan Saudi Arabia.


Dari pertemuan tersebut, tercapai hasil menggembirakan, Pemerintah Saudi Arabia menyetujui tambahan kuota haji sebesar 10 ribu orang khusus untuk jamaah Indonesia.


Pertemuan Jokowi dan pemerintah Arab Saudi ini didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.


Video : Istimewa