Beritahati.com, Jakarta - Proses pemungutan suara dalam Pemilu Serentak 2019 sudah berakhir. Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang dalam proses pengumpulan hasil pemungutan suara serta penghitungannya sekaligus. Dengan segala kendala teknis, Pemilu 2019 ini merupakan sejarah Indonesia dan dunia. Kenapa begitu?


Karena inilah Pemilu dalam sejarah Indonesia dan dunia, yang paling rumit, karena melangsungkan pemilihan presiden dan wakilnya berikut anggota legislatif secara bersamaan. Namun Pemilu 2019 berhasil dilakukan dengan aman, dengan total 192 juta pemilih, yang melampaui target pemerintah dan KPU.



Khusus untuk Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin untuk sementara ini, sesuai versi badan quick count resmi, berhasil keluar sebagai pemenang, mengungguli lawannya, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dengan selisih cukup jauh.


(BACA JUGA) Kepala Negara Asia Sampai Turki Ucapkan Selamat Buat Jokowi, Prabowo Sibuk Deklarasi


Artinya apa? Rakyat sudah selesai menunaikan tugasnya, yakni memilih pemimpin nasional, sekaligus wakil-wakil mereka yang akan duduk di kursi parlemen baik pusat/Senayan, kabupaten/kota, serta provinsi. Siapa yang belum selesai? Para elit politiknya...tidak boleh ribut, yang kalah legowo, yang menang rendah hati.


Karena Pemilu sudah selesai, pemenangnya tinggal diumumkan KPU, KitaSatu, barisan relawan millenial Jokowi-Amin mengadakan 'Bagi Bagi Cokelat' kepada masyarakat dengan tagline #AyoBaikanDong.



Andhika Eka Putra, Ketua pelaksana acara KitaSatu bagi bagi 250 buah coklat dan ajakan 'Ayo Baikan Dong', memilih gelaran berlangsung di Kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019) sore, menjelang maghrib.


"Kegiatannya ini tujuannya adalah kita berterima kasih kepada masyarakat khususnya warga jakarta, karena telah berpartisipasi pada saat Pemilu. Selain itu, juga bertujuan untuk mempersatukan dua kubu, terutama relawan millenial. Kenapa ada bagi-bagi cokelat? Karena ini simbol cinta dan kasih sayang kepada sesama manusia," terang Andhika kepada wartawan di kawasan patung kuda, Jakarta, Kamis (18/4/2019).


(BACA JUGA) Akibat Ucapan Tampang Boyolali, Total 61 TPS Tak Beri Suara Buat Prabowo


Selain itu, KitaSatu juga menyampaikan pernghargaan tertinggi kepada calon Presiden terpilih Joko Widodo yang begitu bijaksana mengatakan untuk menunggu hasil resmi Komisi Pemilihan Umum, walaupun seluruh lembaga survei resmi sudah mengeluarkan hasil hitung cepat dengan data akurat untuk kemenangan pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.



"Kami ucapkan terima kasih atas pidato Pak Jokowi yang memilih menunggu hasil resmi KPU. Hal ini merupakan sikap negarawan yang diperlukan bangsa kita saat ini.


Mengenai gerakan bagi-bagi coklat ini, tanggapan masyarakat sangat beragam, namun sebagian besar menikmati gerakan dan mengambil coklat yang ditawarkan relawan. Namun begitu, masih ada sebagian kecil yang lantas menolaknya mentah-mentah.


(BACA JUGA) Allahu Akbar ! Jokowi Ungguli Prabowo di TPS Markas FPI dan Kediaman HRS


Menutup perbincangan, Andhika menuturkan, terlepas dari apapun itu, cokelatnya habis. Dan pihaknya juga menekankan, ini merupakan gerakan nyata wujud terima kasih dari relawan KitaSatu, atas segala yang telah berjalan di Pemilu 2019, yang aman, damai dan tertib.


"Last but not least, kami juga ingin mengingatkan kepada masyarakat untuk kembali bergandengan tangan dan bersatu demi Indonesia Maju," tutup Andhika.


Video : Ulfa/Istimewa