Beritahati.com, Bandung - Cihampelas Walk atau biasa disebut warga Bandung, Jawa Barat dengan Ciwalk, merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah sejak awal berdirinya di Kota Bandung pada 2004. Ciwalk menawarkan kebersihan dan kenyamanan bagi pengunjung untuk jalan kaki berkeliling santai entah belanja, serta menikmati kuliner food and beverage.


Karena banyak pengunjungnya, pada 2009, pengelola Ciwalk menambah fasilitas CX Cihampelas dan Walk Extension yang terdiri dari butik, hotel dan skywalk. Kehadiran dua hotel ternama, Aston Ciwalk dan Sensa Hotel, semakin menambah eksklusif kawasan wisata tersebut.


Seperti pantauan Beritahati, jalan-jalan di Cihampelas memang menyimpan beragam rasa. Siang, sore, malam, seperti memberikan sensasi berbeda bagi semua pengunjungnya. Terutama sejak sore sampai malam, Ciwalk tampil dengan suasana berbeda, yakni dilengkapi lampu-lampu dari setiap gerai dan bangunan utama. Ditambah lagi juntaian lampu dan lilitan lampu hias yang tergantung di pepohonan sekitar outdoor Ciwalk, membuat suasana semakin mempesona.



Suyana, seorang pengemudi moda transportasi publik di kawasan Ciwalk mengatakan, berdasarkan pengalamannya setahun belakangan ini, kawasan Cihampelas, khususnya Ciwalk sampai Teras Cihampelas, menjadi tujuan utama para pelesir dari mancanegara maupun domestik.


"Khususnya teras cihampelas, jadi tujuan wisatawan luar negeri akhir-akhir ini, biasanya dari asia tenggara, salah satunya malaysia," sebut Suyana saat bertemu Beritahati di kawasan Teras Cihampelas, Sabtu (20/4/2019).



Teras Cihampelas yang dimaksudkan Suyana adalah Skywalk atau jalur khusus pejalan kaki di atas Jalan Cihampelas, yang digagas, kemudian diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil pada 4 Februari 2017 silam. Skywalk Kota Bandung ini bahkan menjadi yang pertama di Indonesia, dan yang kedua di dunia setelah New York Skywalk, Amerika Serikat.


Pembangunan Terqas Cihampelas yang menyedot APBD Kota Bandung hingga Rp 45 miliar disebut Kang Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, sebagai komitmen Pemerintah Kota Bandung (Pemkot Bandung) di bidang infrastruktur, untuk kepentingan masyarakat Bandung, serta perputaran ekonomi yang lebih cepat.



"Menata kota itu tidak mudah karena multidimensi. Karena tidak mudah harus kreatif. Di dunia kota yang sempit, membangun itu tidak selalu di atas tanah, bisa di atas jalan dan membangun itu bisa di bawah tanah. Untuk itu kita menghadirkan inovasi, Teras Cihampelas Ini salah satunya," terang Emil kepada wartawan, seperti dilansir merdeka, Sabtu (4/2/2019) silam.


Beragam fasilitas untuk kenyamanan dan memudahkan pengunjung juga tersedia mulai dari toilet, kursi, hingga musala, bahkan area pejalan kaki ini juga ramah bagi penyandang disabilitas. Tak hanya itu, di Teras Cihampelas ini juga dibangun banyak taman mini, atau taman-taman kecil utnuk penghijauan kota.


Foto dan Video : Miechell/Beritahati