Beritahati.com, Jakarta - Pelaksanaan Hari Buruh sedunia atau May Day pada 1 Mei 2019 di Jakarta yang dipusatkan di dua lokasi, yakni Tennis Indoor Senayan GBK, dan di sekitaran Monas, Rabu (1/5). Untuk memastikan perayaan tersebut aman, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono meninjau langsung kegiatan tersebut.


Kapolda yang didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dan Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Roycke Harry, lebih dulu melakukan pemantauan di Tennis Indoor Senayan sekitar pukul 08.45 WIB.


Hanya sekitar lima menit, rombongan Kapolda langsung bergerak meninggalkan lokasi untuk menuju kawasan Monas. Rombongan tiba di sekitar patung Kuda Arjuna Wiwaha pada pukul 09.00 WIB.


"Hari ini di Jakarta ada dua lokasi besar perayaan hari buruh sedunia yakni di Patung Kuda dan Tennis Indoor. Diperkirakan ada lima hingga enam ribu teman buruh orasi di Tennis Indoor dan sekitar 12 hingga 13 ribu dari beberapa elemen buruh yang menyampaikan aspirasi di Patung Kuda dan pak Kapolda keliling untuk memantau situasi dan keamanannya," ucap Argo seperti dikutip Antara.


Untuk pengamanan, Argo menjelaskan di sekitaran Patung Kuda dan istana, diturunkan 12 ribu personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.


"Sementara di Tennis Indoor diturunkan sekitar dua ribu pasukan gabungan," ucapnya.


Acara peringatan Hari Buruh Sedunia tersebut, tambah dia, sudah dikomunikasikan dengan elemen buruh akan berakhir hingga petang.


"Kami sudah komunikasikan acara mulai pukul 10.00 WIB dan secepatnya sampai sore," tutur Argo menambahkan.