Beritahati.com, Jakarta - Mau coba hidangan berbuka yang berbeda? Coba deh Bongko Kopyor, jajanan primadona kota Gresik ini begitu populer dimata masyarakatnya.


Terlebih kamu harus siap antri, pasalnya jelang datangnya bedug magrib, ratusan warga siap menyerbu para pedagang takjil yang satu ini. Hal itu dilakukan sekedar untuk berbelanja bongko kopyor, karena hanya tersedia di bulan suci Ramadan.


Sejumlah pecinta kuliber, menyebut Bongko Kopyor rasanya manis dan menyegarkan. Sehingga cocok untuk hidangan berbuka puasa, sebagai penghilang dahaga.


Salah satu pecinta minuman yang satu ini, Tajudin mengatakan bahwa rasa yang diberikan bongko kopyor segar dan bisa untuk memulihkan stamina.


"Rasanya segar untuk memulihkan stamina" ujar Tajudin saat ditanya soal rasa.


Sementara itu, pedagang bongko kopyor, di sentra Desa Mengare, kecamatan Manyar Gresik, mengatakan lebih memilih dengan mempertahankan kemasan daun pisang, karena berasa lebih segar. Selain itu, minuman ini juga upaya untuk melestarikan hidangan warisan nenek moyang.


Soal omset penjualan, selama bulan suci Ramadan para pedagang mengaku mencapai 1.000 bungkus perhari, dengan harga jual Rp8.000 per bungkusnya.


Perajin juga tidak kesulitan memasarkan, karena pedagang pengecer selalu memboyongnya untuk dijual kembali ke pasar takjil, di sejumlah wilayah, di Gresik.


Hidangan tradisional berbahan santan buah kelapa, buah pisang, buah nangka, roti, dan mutiara ini, kini tidak hanya disukai warga Gresik, tetapi juga disukai warga dari Surabaya, Lamongan dan Sidoarjo.


Nah, bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba minuman segar yang satu ini?