Beritahati.com, Yogyakarta - Menjelang libur Lebaran, masyarakat di kawasan pesisir Pantai Samas mulai berlomba menyiapkan destinasi wisata bagi keluarga dan anak muda yang sangat indah untuk berswafoto serta instagramable.


Salah satu destinasi wisata yang sangat indah untuk berswafoto dan instagramable dengan latar belakang bunga-bunga yang tampak cantik dan sedap dipandang mata adalah Romantic Garden. Berlokasi di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa tepatnya di Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden saat ini bunga sedang bermekaran dengan 17 warna bunga dalam 1 hektar lahan kebun bunga.


Pengelola Romantic Garden, Danang Ari Wibowo mengatakan kebun bunga mulai dirintis sejak bulan Oktober 2019 saat ini baru bermekaran dan bunga matahari dipastikan akan berbunga dan mekar saat Lebaran mendatang.


"Saya sengaja menanam bunga dengan hitungan saat libur Lebaran mendatang baru mekar-mekarnya,"katanya, Rabu (15/5) kemarin.


Setidaknya dalam 1 hektar taman bunga bunga tersebut ditanami 7 macam tanaman bunga yang ketika mekar akan menghasilkan 17 macam warna bunga.‎


"Bunga selosia menghasilkan 3 warna, bunga kertas 6 warna, bunga gundul 2 warna, bunga pacar air 1 warna, bunga matahari 1 warna dan bunga seribu bintang 1 warna,"ungkapnya.


Untuk mempercantik kebun bunga juga dilengkapi 11 tempat untuk berswafoto yang instagramable diantara rumah romantic sebanyak 2 unit, ayunan 2 unit, meja dan kursi ruang tamu 2 unit, lorong yang terbuat dari bambu 2 unit, tempat duduk dalam sangkar burung 1 unit dan masih ada tempat yang unik dan indah lainnya untuk berswafoto bagi wisatawan yang datang.


"Saya kira kebun bunga yang saya kelola ini paling banyak menyediakan tempat untuk berswafoto dan sangat indah untuk diunggah di media sosial,"ungkapnya.


Danang mengaku untuk menanam 1 hektar kebun bunga serta membuat tempat untuk berswafoto, kamar mandi serta musala harus merogoh kocek hingga Rp 20 juta belum ditambah tenaga.


"Setiap hari bunga juga harus disiram agar tetap segar karena berada dilahan pasir dan sangat terik matahari saat siang hari,"ungkapnya.


Danang mengaku sengaja merombak lahan yang sebelumnya ditanami bawang merah atau cabai menjadi lautan bunga bunga dan sejumlah tempat untuk berswafoto karena bertanam bawang merah dan cabai kurang menjanjikan.


"Setiap kali panen bawang merah dan cabai pasti hasilnya pas-pasan karena panen bersamaan dan harganya pasti turun,"ungkapnya.


Dengan menyulap lahan pasir menjadi kebun bunga ini kata Danang setiap harinya lebih dari 10 wisatawan yang datang dan jika akhir pekan bisa puluhan dan ratusan yang mampir ke Romantic Garden.


"Saya berharap nantinya saat libur Lebaran bisa kecipratan rejeki dan modal yang dikeluarkan bisa pulih kembali karena usia bunga juga tak bertahan lama dan harus dilakukan peremajaan lagi,"terangnya.


"Untuk masuk kebun bunga hanya membayar Rp 8 ribu dan parkir gratis,"tambahnya lagi.‎