Beritahati.com, Jakarta - Satu hal yang jadi masalah saat sahur tiba adalah mau masak apa dan mau beli makanan di mana. Padahal sahur itu penting sekali dalam berpuasa, karena itu merupakan awal dari puasa sebagai sumber tenaga untuk satu hari penuh menahan lapar dan haus hingga maghrib tiba.


Bangun sahur tentunya menjadi waktu yang sangat singkat, sehingga tak sedikit orang merasa terburu-buru untuk menghidangkan makanan. Bagi kamu yang kerap mengalami hal itu, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah makanan dengan cara cepat dan praktis, tentunya mengenyangkan.


Berikut ini ada beberapa makanan sahur yang bisa kamu olah dalam waktu singkat :


1. Tumis kangkung


Buat kamu yang ingin masak dengan cepat dan praktis, tumis kangkung menjadi salah satu menu makanan yang bisa kamu olah. Selain memang memiliki rasa yang enak dan menggugah selera makan, kamu tidak perlu waktu lama untuk mengolahnya.


2. Mi goreng


Mi goreng tentunya menjadi salah makanan yang begitu digemari. Kamu bisa mengolah makanan ini dalam waktu yang cukup singkat. Jika tidak ingin terlihat biasa saja, kamu bisa memberikan beberapa sayuran sebagai penggugah selera.


3. Martabak mi


Untuk membuat makanan yang satu ini tak dibutuhkan keahlian khusus, siapa saja bisa membuatnya. Selain mudah dibuat, kamu juga tidak butuh waktu yang cukup lama. Gimana mau coba? Tapi jangan setiap hari makanan makanan ini ya.


4. Masak sarden


Nah olahan ini juga menjadi pilihan tepat buat kamu yang suka terburu-buru saat sahur. Makanan kaleng ini bisa kamu panaskan ulang dan tidak memakan waktu lama.


5. Telur goreng


Sudah jelaskan kalau goreng telur tidak waktu yang lama bukan? Jika terburu-buru kamu bisa menggoreng telur saja dan siap sajikan untuk menu makan sahurmu.


6. Sosis atau nugget goreng


Penting buat kamu untuk menyediakan sosis atau nugget, jika sewaktu-waktu kamu kesiangan untuk makan sahur, kamu bisa langsung untuk goreng dan disajikan untuk menu sahur.


7. Nasi goreng


Nasi goreng merupakan menu makanan yang sangat banyak disukai orang. Jika kamu tidak sempat menyajikan berbagai menu makanan karena waktu sahur yang singkat, nasi goreng bisa jadi pilihanmu.


8. Sayur orak arik


Menu makanan yang satu ini juga menjadi salah satu yang bisa kamu sajikan untuk sahur. Siapkan seperti kol, buncis, kacang panjang, tauge atau wortel. Lalu olah jadi satu kemudian sajikan untuk menu sahur.


9. Salad buah atau salad sayur


Untuk mau lebih sehat, kamu bisa menyajikan sayuran dan buahan segar. Cara membuatnya juga sangat mudah, potong-potong buah, lalu berikan dressing seperti olive oil. Ini pasti bisa jadi santapan sahur yang nikmat.