Beritahati.com, Jakarta - Memasuki libur Lebaran harga ikan laut di pasar ikan Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, mengalami lonjakan yang tajam dibandingkan hari-hari biasanya.


Informasi yang berhasil di kumpulkan dari sejumlah pemasok ikan di pasar ikan Pantai Depok, hampir semua jenis ikan laut mengalami lonjakan yang cukup tinggi.


Harga ikan cakalang yang sebelumnya dalam kisaran Rp 25 ribu perkilogram, saat ini naik menjadi Rp 35 ribu perkilogram atau naik Rp 10 ribu perkilogramnya. Harga cumi-cumi yang sebelumnya diharga Rp 75 ribu perkilogram saat ini harga tembus Rp 95 ribu perkilogram.‎


Udang yang sebelumnya hanya Rp 60 ribu perkilogram saat ini harga hampir sama dengan cumi-cumi yaitu Rp 90 ribu perkilogram. Sedangkan harga yang melonjak tajam bahkan ganti harga adalah kepiting super yang Rp 130 ribu perkilogram saat ini harga bisa menembus Rp 250 ribu perkilogramnya.


Hendri Triyono salah satu pemasok ikan laut di pasar ikan Pantai Depok mengatakan harga ikan laut saat libur Lebaran selalu mengalami kenaikan karena permintaan yang meningkat sedangkan pasokan relatif sama dengan hari biasanya.


"Kitapun harus menyetok ikan terlebih dahulu sebelum ikan didistribusikan kepada para pedang ikan di pasar ikan Pantai Depok,"katanya di temui di Pantai Depok, Kamis (6/6/2019).‎


Harga ikan dari pemasok ikan setelah nanti sampai ke pedagang biasanya mengalami kenaikan RP 10 ribu hingga Rp 15 ribu karena pedagang harus menanggung pembelian es untuk mengawetkan ikan dan juga harus menanggung tenaga kerja.


"Ya wajar kalau naik Rp 15 ribu perkilogram karena pedagang beban yang harus ditanggung sampai ikan laku terjual juga tidak sedikit,"ungkapnya.


Lebih jauh Gonder panggilan akrab Hendri Triyono pasokan ikan lebih banyak dari Pantura seperti Tegal, Semarang, Yuwono sedangkan dari Cilacap jumlah pasokan sangat minim.


"Jadi setiap hari belum tentu ada pasokan yang besar dari Pantura mengingat banyak nelayan yang libur melaut dan memilih berlebaran,"tuturnya.


Marni pemilik rumah makan seafood Salsabila di Pantai Depok mengatakan pada H+2 Lebaran jumlah pengunjung terbilang tidak ramai yang dimungkinkan karena libur Lebaran kali ini panjang karena berbarengan dengan libur anak sekolah.


"Mungkin hari Minggu yang akan datang wisatawan akan membludak karena bertepatan dengan libur terakhir Lebaran,"ujarnya.‎