Beritahati.com, Jakarta - Kawasan Masjid dan Makam Keramat Mbah Priuk, dilindungi dan diperlakukan sebagai Cagar Budaya setelah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di kawasan Koja, Jakarta Utara, pada 4 Maret 2017 silam.


Banyak sekali anggota masyarakat yang berziarah ke Masjid Mbah Priok, terutama saat Idul Fitri. Untuk Lebaran 2019, keadaan tetap sama, baik warga setempat maupun dari berbagai sudut Ibukota datang hendak ziarah atau memanjatkan doa di Masjid Makam Mbah Priok.


Masuk di Masjid Mbah Priok, pengunjung atau jamaah akan merasa nyaman, karena puluhan jendela menjadi pintu masuk keluar udara segar. Bangunan bernuansa hijau dengan ornamen khas Betawi, ditambah sirkulasi udara yang tertata dengan baik, semakin menambah nyaman suasana.


Masyarakat yang datang berkunjung bebas beribadah sambil ziarah Makam Mbah Priok, duduk istirahat sambil bercengkerama dengan anggota keluarga di teras Masjid yang selalu dijaga kebersihannya oleh pengelola.


Seorang pengunjung mengatakan, terlepas dari sejarah dan kebenarannya, ia merasa nyaman jika berkunjung sekaligus berziarah (nyekar) ke Masjid dan Makam Mbah Priok.


"Bangunan Masjidnya sederhana, tapi ornamennya serta suasana membuat nyaman," sebutnya.


Pengunjunga mengapresiasi pengelola yang tidak mengenakan biaya tiket masuk walau kawasan ini sudah menjadi kawasan cagar budaya, yang otomatis menjadi daerah wisata, khususnya religi. Ditambah kebersihan juga nampak dijaga dengan baik.


Mengakhiri kunjungan, pesan yang tersirat dari Masjid Makam Mbah Priok adalah, masyarakat Indonesia sangat menghargai serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan religi sampai saat ini. Memang ada anggapan bahwa generasi ini mulai terjerumus pada eksodus budaya asing. Akan tetapi, jika cara pengelolaan kawasan sejarah dan wisata religi seperti ini bisa terus dikedepankan, pasti masyarakat khususnya kaum muda perlahan bisa mengetahui dan menyadari betapa negara ini sarat dan kaya akan sosok panutan baik pahlawan, ulama, sampai tokoh masyarakat.



Foto : Miechell
Video Slide : Miechell