Beritahati.com, Jakarta - Rekayasa arus lalu lintas One Way pada arus balik lebaran 2019 resmi dibuka langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, bersama Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksa di KM 414 Kalikangkung, Jumat (7/06/2019).


Pemberlakuan one way untuk arus balik sepanjang 344 KM dimulai dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utama.


Tepat pukul 14.00 hari ini, (30/5/2019), 16 gardu tol Kalikangkung terbuka untuk kendaraan menuju Jakarta dan akan dibuka lagi hingga 19 Gardu apabila terjadi peningkatan volume kendaraan.


Terlihat di Tol Cikampek utama kedaraan yang mengarah ke Timur sudah kosong. Jajaran lalu lintas di wilayah sudah mengalihkan para pengendara untuk keluar di Gate Tol terdekat.


One Way Arus Balik Lebaran Dimulai pkl 14.00 WIB, Korlantas Konsentrasi Ruas Tol Cikampek-Cawang.



Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin mengatakan rekayasa one way semula direncanakan pada pukul 12.00 WIB diundur setelah salat Jumat, dikarenakan masih terjadinya kepadatan dari arah Jakarta menuju arah Timur.


"Rencananya pelaksanaan kita laksanakan jam 12.00 WIB tetapi dengan pertimbangan jalur yang dari arah Jakarta menuju timur ini juga cukup padat, kemudian masuknya waktu salat Jumat pastinya ada masyarakat melaksanakan ibadah di Rest Area untuk pelaksanaan hari ini kita tunda sampe salat Jumat," ujar Benyamin di Cikampek Utama, Jumat (7/06/2019).


Kombes Pol Benyamin mengutarakan, saat diberlakukannya One Way akan memfokuskan juga pada ruas Tol Cikampek-Cawang dan melakukan rekayasa lalu lintas Contaflow secara situasional


"Kami juga utamakan konsentrasi di ruas tol Cikampek Utama sampai dengan Cawang karena banyak rest area yg menimbulkan kemaceten apabila perlu ditutup kami akan melakukan buka tutup," tambah Benyamin.


Saat ini jajaran lalu lintas di kewilayahan sedang melakukan pembersihan kendaraan yang berada di rest area dan jalur tol yang berada di sepanjang jalur Cikampek menuju Semarang.


Foto : RTMC Polda Jabar
Video Slide : Miechell