Beritahati.com, Jakarta - Lulusan pondok pesantren biasanya dikaitkan dengan image ustadz atau pendakwah. Mereka seringkali tampil dengan pakaian tertutup. Meski sudah lulus, aura santrinya masih sangat kelihatan.


Sudah menjadi keharusan, bahwa lulusan pondok pesantren memiliki ilmu agama yang mendalam. Bagaimana tidak, sehari-hari mereka disibukkan dengan agenda seperti mengaji dan belajar fiqih. Lulusan pondok pesantren juga sering disebut jago baca Alquran.


Nah lulusan pondok pesantren ini sebenarnya tidak melulu bekerja di lembaga islam. Mereka juga bekerja di bidang umum, bahkan ada yang di dunia hiburan. Banyak sekali artis Indonesia yang pernah mencicipi pendidikan di pesantren.


Siapa saja mereka? Simak informasinya :


1. Nikita Mirzani.


Tidak pernah disangka, Nikita Mirzani ternyata lulusan pondok pesantren lho. Saat masih SMA ia pernah tinggal di pesantren selama 2 tahun. Nikita dikabarkan menempuh pendidikan tersebut di pondok pesantren Gontor. Selama ini Pondok Pesantren tersebut dikenal sebagai salah satu ponpes terbaik di Indonesia dan terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.


2. Andika eks Kangen Band.


Pada tahun 2012, Andika sempat melepaskan diri dari media yang mengejarnya dengan memilih belajar di pesantren. Saat itu ia dikabarkan menikah dengan seorang model dan bakal bercerai dari sang istri. Saat itu Andika mengikuti jejak dari seniornya di dunia musik yaitu Sakti mantan personel Sheila On 7.


"Aku lagi di pondok pesantren ikut mas Sakti (mantan) Sheila On 7. Sudah hampir satu minggu. Sampai sekitar 1 bulanan, rencananya," ujar Andika dilansir dari Kapanlagi.com.


3. Aura Kasih.


Aura Kasih dulunya tinggal di Tasikmalaya dan masuk pondok pesantren. "Hampir setiap hari sih (masak), aku dari kecil kalau Mamaku masak aku suka lihatin. Akhirnya karena tinggal sendirian kan di Jakarta, akhirnya kayak cobain masak deh. Aku soalnya dari SMA sudah tidak tinggal dengan orang tua. Aku di Tasik, ikut pesantren," tutur Aura Kasih dilansir dari Kapanlagi.com.


4. Almarhumah Julia Perez.


Sama seperti Aura Kasih, almarhum Jupe dulunya juga dikenal dengan image yang seksi. Namun sayang usia bintang tersebut tidak lah panjang karena Jupe meninggal dunia pada usia 36 tahun pada tanggal 10 Juni 2017 silam. Pernah suatu ketika wanita cantik tersebut diketahui oleh publik belajar di ponpes karena foto lamanya yang beredar. Jupe menempuh pendidikan di Pesantren Al Ihya Insan Kamil di Bogor, Jawa Barat saat masih belia.


5. Wali Band.


Grup band Wali dikenal memiliki empat orang personel yaitu Faank, Apoy, Tomi dan Ovie. Menariknya keempatnya merupakan lulusan dari sejumlah pesantren yang ada di Indonesia. Sebagian dari personel Wali juga merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Faank dan Apoy sudah lama saling mengenal dan pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren modern La Tansa, Pandegelang, Banten. Sementara itu Tomi adalah lulusan pondok pesantren Al Fatah, Lampung. Adapun Ovie merupakan alumni ponpes Al Hikmah Annajiyah Bogor.


Sebagai band, Wali kerap menghadirkan aura positif untuk penggemarnya. Mereka juga mampu menghadirkan karya-karya membumi yang begitu lekat dengan keseharian masyarakat. Tak hanya itu, para personel Wali yang merupakan lulusan Pondok Pesantren itu pun tak pernah terlibat sejumlah skandal negatif seperti misalnya terjerat narkoba.