Beritahati.com, Jakarta - Perpaduan antara gugus pantai berpasir putih dengan batu koral hitam di pinggirannya serta kawasan perbukitan hijau yang terbentang sepanjang pantai, membuat suasana Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menjelma menjadi kawasan wisata yang banyak diminati pengunjung baik masyarakat sekitar sampai dari luar daerah hingga mancanegara.


Seperti dilansir laman resmi rri.co.id, Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu tempuh lebih-kurang satu jam.


Rute paling cepat menuju Pantai Menganti dari Kecamatan Gombong adalah melalui Kecamatan Ayah. Perjalanan kemudian diteruskan melewati Jalan Pantai Menganti. Menjelang sampai, kondisi jalan akan menanjak dan berkelok di kawasan perbukitan. Kondisi menanjak mulai terasa dari pertigaan menuju Pantai Karangbolong dan Kecamatan Ayah.


Yatini, seorang pengunjung sempat menceritakan sedikit perjalanannya hingga tiba di Pantai Menganti. Menurutnya, jalan menuju pantai tersbeut memicu jantung berdebar akibat berkelak-kelok di kawasan berbukit. Dirinya menempuh satu jam menggunakan sepeda motor dari kediaman orang tuanya di kawasan Gombong.


Di sana, menurut Yatini, banyak dibangun tempat berteduh dengan tarif sewa Rp 10 ribu. Tapi, lebih enak saat datang berdua jika ingin menyewa tempat tersebut.


"Kalau sendirian, gimana gitu yah," kata Yatini singkat kepada RRI.


Bagi pengunjung, kata dia, tidak usah khawatir karena banyak penjual makanan dan minuman ringan. Bahkan ada pula yang menyediakan menu seafood. Dan salah satu wahana yang membuatnya berdebar adalah 'sepeda awang' atau sepeda gantung.


"Bagi yang punya anak kecil, jika berkunjung ke sini tak usah memikirkan wahana permainan karena pasti terbawa suasana ingin jalan terus berkeliling ke perbukitan, lalu turun ke pantai untuk menikmati sunset," urai Yatini.


Kawasan ini merupakan pantai nelayan, dimana siang hari banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai yang dipenuhi warung makan dan kamar mandi untuk pengunjung atau wisatawan.


Pelancong bisa mencapai kawasan bukit yang berada di timur-selatan Pantai Menganti. Untuk bisa ke sana, ada tumpangan pikap gratis. Bukit ini berada di Tanjung Karangbata dan sering disebut sebagai Bukit Gazebo. Penyebutan itu dikarenakan ada beberapa gazebo sederhana yang dibangun di lereng bukit.


Panorama yang bisa disaksikan dari Tanjung Karangbata sangat menawan. Tebing menjulang tinggi dan memanjang di tepi laut membuat suasana setiap wisatawan terpana menyaksikannya. Tapi untuk menikmati panorama itu tak harus di gazebo, karena duduk di atas lembutnya rumput hijau sambil menikmati suasana pantai dengan gemuruh suara ombak juga merupakan pilihan yang menyenangkan.


Terdapat pantai kecil di tanjung ini yang bernama Karangbata. Bibir Pantai Karangbata penuh dengan bebatuan kecil yang dulunya berasal dari gunung api purba di kawasan Pantai Menganti.


Ada beberapa spot swafoto sudah dibangun pihak pengelola, salah satunya ada di sisi barat daya Tanjung Karangbata, yakni Jembatan Merah. Sesuai namanya, terdapat jembatan berwarna merah yang berdiri di atas batuan karang.


Tak cukup sampai disitu, bagi pengunjung yang senang berkemah pun bisa melakukannya di kawasan perbukitan Tanjung Karangbata. Jika berkemah di sini, momen keindahan pagi ketika sunrise bisa didapatkan.


Sumber : rri.co.id
Foto : Yatini
Photo Video Slide : Miechell