Beritahati.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, momentum HUT DKI Jakarta Ke-492 kali ini dapat menjadikan sebuah dorongan besar untuk semakin membentuk Jakarta menjadi kota yang menghadirkan keadilan bagi seluruh warganya.


"Kita apresiasi semua yang hadir di tempat ini. Semoga perayaan ini memandang ke depan Jakarta menjadi kota yang setara bagi semua. Kota yang berkeadilan. Insyaallah kota ini menjadi tempat yang maju kotanya, bahagia warganya," kata Anies dalam sambutan pembukaan acara Jakarta Night Festival di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).


Dirinya lantas menekankan, untuk era kepemimpinannya ini, ia akan selalu mengajak warga terlibat dalam pembangunan sekaligus gagasan bagaimana pembangunan Jakarta ke depannya.


"Setiap taman yang dibangun ada gagasan taman untuk retensi air. Taman dibangun bersama masyarakat bukan pemerintah sendiri. Jangan membayangkan hanya gambar melihat dinding bermural. Bayangkan ini aspirasi warga menghiasi kota, pesan penting, kota ini dibangun bersama masyarakat," ujarnya.


Kemudian bagaimana dengan pembangunan MRT? Itu menurutnya bukan sekedar ingin memindahkan warga dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik, melainkan juga ada gagasan untuk mendekatkan masyarakat satu sama lainnya.


"MRT bukan hanya fisik. Ini alat membangun kesetaraan. Karena dalam MRT, kedudukan seseorang tidak menentukan tempat duduknya," pungkas Anies.