Beritahati.com, Yogyakarta - Festival Perahu Naga yang digelar di Laguna Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta tampaknya tak menjadi daya tarik wisatawan.


Kawasan Laguna Pantai Depok memang cukup ramai namun demikian keramaian ini lebih banyak diisi oleh atlet peserta lomba dayung perahu naga dan juga kru serta keluarga dari perahu hias yang didatangkan dari Pantai Samas.


Mugari salah satu pemilik perahu hias dari Pantai Samas mengatakan lebih 20 kapal jukung milik nelayan Pantai Samas yang dikerahkan untuk meramaikan lomba dayung perahu naga di Laguna Pantai Depok.


"Hampir semua perahu milik nelayan Pantai Samas, sedangkan perahu nelayan Pantai Depok hanya hitungan jari yang melibatkan diri memeriahkan lomba dayung perahu naga di Laguna Pantai Depok,"katanya ditemui di Laguna Pantai Depok, Minggu (23/6).


Setiap perahu jukung kata Mugari sudah dihias oleh panitia lomba dayung perahu naga dan setiap perahu jukung diberi kompensasi senilai Rp 750 ribu.


"Perahu sudah dihias dan kita tinggal mengeluarkan biaya untuk BBM saja,"ujarnya.


"Anggaran tahun ini turun dibandingkan tahun 2018 kemarin karena setiap perahu nelayan diberi kompensasi biaya Rp 1 juta,"tambahnya lagi.


Festival Perahu Naga kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yang salah tujuannya untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Laguna Pantai Depok dan obyek wisata pantai sekitar Laguna Pantai Depok.


"Festival Perahu Naga ini salah satu agenda untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Laguna Pantai Depok,"katanya.‎