Beritahati.com, Jakarta - Tak sedikit yang mengorbankan jam tidur demi memenuhi tuntutan pekerjaan. Padahal, jam istirahat yang kurang menyebabkan rasa kantuk muncul saat bekerja.


Agar tidak berdampak pada produktivitas kerja, berikut adalah cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:


1. Tidur siang sejenak
Tidur siang sejenak atau power nap menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang ketika jam kerja.


Tidur siang bermanfaat membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam. Anda dapat melakukannya sambil duduk, atau berbaring jika memungkinkan. Cobalah lakukan kegiatan ini pada pukul 2 siang.


Durasi tidur siang yang ideal adalah selama 15-20 menit. Kurang dari rentang tersebut, tubuh Anda tidak akan memperoleh manfaatnya.


Sementara tidur siang selama lebih dari 20 menit malah dapat membuat Anda lesu dan mengantuk.


2. Bergerak
Bergerak adalah cara efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh Anda selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.


Berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang.


3. Mengonsumsi camilan menyehatkan
resep camilan
Kopi dan makanan manis sering dijadikan camilan untuk mengusir kantuk saat bekerja. Kafein pada kopi memang mampu menahan kantuk, tapi efeknya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara gula pada makanan manis membuat tubuh Anda cepat lelah.


Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja adalah dengan mengonsumsi camilan menyehatkan. Contoh camilan yang disarankan antara lain:


Yogurt dengan kacang-kacangan
Wortel kecil dengan cocolan keju rendah lemak
Biskuit gandum dengan selai kacang
Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, dan pepaya
Cokelat hitam tanpa tambahan pemanis
Teh hijau
4. Melakukan teknik pernapasan
teknik pernapasan untuk tidur
Teknik pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua hal ini akan meningkatkan energi dan performa bekerja Anda.


Berikut adalah cara melakukan teknik pernapasan untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:


Duduk dengan tegak di kursi Anda, fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
Letakkan tangan kanan Anda pada perut, tepat di bawah rusuk. Kemudian, letakkan tangan kiri Anda pada dada.
Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kanan Anda. Jangan membiarkan dada Anda bergerak.
Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.
Ulangi semua sebanyak 10 kali.
5. Meningkatkan kualitas tidur
kurang tidur tekanan darah naik
Ini merupakan cara terpenting agar Anda tidak mengantuk saat bekerja. Sedapat mungkin, batasi aktivitas pada malam hari dan hindari gangguan dari ponsel, TV, atau laptop.


Dengan begitu, Anda dapat mencukupi kebutuhan tidur malam selama 7 jam.


Waktu tidur dan bangun di pagi hari juga tidak kalah penting. Usahakan agar Anda selalu tidur dan bangun pada pukul yang sama. Hal ini bermanfaat agar tubuh memiliki jam biologis yang teratur sehingga Anda tidak mudah mengantuk.


Rasa kantuk saat bekerja dapat memengaruhi konsentrasi, fokus, hingga produktivitas Anda. Untungnya, beragam tips di atas bisa membantu Anda menghalau serangan kantuk saat bekerja.


Meski demikian, cara paling efektif agar Anda tidak lagi mengantuk saat bekerja tetaplah dengan mencukupi kebutuhan istirahat pada malam hari. Cobalah menambah jam tidur sedikit demi sedikit hingga kebutuhan istirahat Anda terpenuhi.