Beritahati.com, Jakarta - Pihak kepolisian akan mengirimkan berkas perkara kasus dugaan makar atas tersangka Sofyan Jacob ke kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pekan ini.


"Minggu ini (jumat-red) kami kirim berkasnya ke Kejaksaan," kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya Ajun Komisiaris Besar Polisi Jerry Siagian, di Polda Metro Jaya, Rabu (3/7/2019).


Dengan akan dikirimnya berkas tersebut, kata Jerry, panggilan terhadap pensiunan berpangkat terakhir Komisiaris Jenderal Polisi itu tidak akan dilakukan lagi.


"Tidak ada, sudah," ucapnya.


Diketahui Penetapan status tersangka Sofyan dalam dugaan makar berkaitan dengan ucapannya melalui rekaman video yang beredar di media sosial.


Sofyan diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti.


Dalam kasus ini Sofyan dikenakan melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.