Beritahati.com, Jakarta - Brasil juara Copa America 2019 dengan menghancurkan Peru 3-1 tanpa balas. Selain itu, Tim Samba juga mengukuhkan diri sebagai tim paling subur dengan total 13 gol sejak penyisihan hingga final serta tim paling solid pertahanannya hanya bobol 1 gol dalam rentang waktu yang sama.


Peru jadi tim yang paling banyak dibobol oleh Brasil di turnamen ini dengan torehan delapan gol. Hal itu terjadi lantaran Brasil dua kali bertemu Peru di Copa America 2019.


Pada babak penyisihan, Selecao pernah menghajar Peru dengan skor 5-0. Lalu di babak final, kembali Kuning-Biru mempecundangi Peru dengan skor 3-1.


Gol Brasil ke gawang Peru dalam partai final dicetak Everton Sousa Soares menit 15, Gabriel Jesus menit 48, dan Richarlison menit 50 lewat titik putih. Sedangkan gol hiburan Peru dicetak striker gaek legendaris mereka Jose Paolo Guerrero menit 44 dari tendangan penalti.


Namun begitu kemenangan Brasil harus ternoda dengan kartu merah yang diterima Richarlison pada menit 70 babak kedua.


Pada babak penyisihan, Brasil hanya bermain imbang tanpa gol lawan Venezuela. Di laga perempat final, Brasil juga bermain imbang tanpa gol di waktu normal melawan Paraguay, sebelum akhirnya menang melalui adu penalti.


Selain lini serang yang mumpuni, pertahanan kokoh juga jadi salah satu kunci keberhasilan Brasil di turnamen ini.


Sepanjang turnamen berlangsung, Brasil hanya kebobolan satu gol. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Alisson Becker adalah gol penalti Paolo Guerrero di babak final.


Dengan catatan tersebut, itu berarti Alisson tidak pernah kebobolan lewat permainan terbuka sepanjang turnamen berlangsung.


Sukses Brasil menjadi juara Copa America 2019 membuat mereka kembali mengangkat trofi setelah terakhir kali melakukannya pada 2007.


Setelah beberapa tahun terakhir meraih hasil buruk, Brasil akhirnya membuktikan diri menjadi tim terkuat se Amerika Selatan pada 2019.