Beritahati.com, Jakarta - Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Radang sendi ini menimbulkan keluhan bengkak dan nyeri sendi, serta sendi terasa kaku. Ketika kamu menderita radang sendi, penting bagimu untuk menjaga pola makan agar membantu mengekang respons peradangan. Tetapi, hal itu terasa sulit ketika kamu harus menghindari makanan penutup atau pencuci mulut.


Memang tidak ada makanan yang secara ajaib akan memperlambat kondisi ini. Tetapi memilih makanan yang sehat membuat tubuh kamu terpacu dengan baik sehingga dapat mengurangi kemungkinan penyakit terkait rheumatoid arthritis, seperti penyakit jantung. Dengan memilih porsi kecil makanan pencuci mulut yang rendah kalori, kamu tetap mendapatkan nutrisi yang kamu butuhkan dalam tubuh dan tetap bisa makan makanan manis.


Kamu jangan khawatir, berikut beberapa makanan pencuci mulut yang lezat dan aman untuk radang sendi:


1. Salad buah.


Buah mengandung senyawa anti-inflamasi yang berbeda, jadi kombinasikan berbagai macam buah seperti alpukat, stroberi dan jeruk. Buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, tinggi serat, dan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal, termasuk banyak vitamin C.


2. Dark Cokelat.


Cokelat memang menjadi pencuci mulut yang lezat. Cokelat hitam bisa terdiri dari 90 persen kakao dan tidak memiliki manfaat kesehatan. Sebagai gantinya, pilihlah 100 persen kakao yang tidak diproses (kakao alami tanpa pemanis). Kamu bisa mencobanya dengan menaruh satu sendok teh bubuk kakao ke dalam kopi untuk membuat mocha latte yang lezat.


3. Yogurt dengan granola.


Kandungan makanan ini penuh dengan protein dan antioksidan. Kamu bisa menambahkan dengan buah blueberry. Beli yogurt tawar dan rendah lemak untuk menghindari kadar gula yang tinggi pada makanan. Jika kamu tidak menginginkan granola, pilihlah segenggam kacang sehat seperti kacang walnut, yang memberikan manfaat omega-3, lemak bergizi yang mengurangi peradangan.


4. Keju cottage.


Keju cottage dengan buah beri dan kayu manis, sama seperti makanan pencuci mulut yogurt. Suguhan ini menawarkan dosis protein yang sehat dari keju cottage. Ditambah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan kolesterol tinggi. Kayu manis juga menghambat peningkatan kategori protein kecil pro-inflamasi yang disebut sitokin.


5. Kue nanas.


Nanas adalah makanan antiinflamasi yang hebat. Nanas mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6. Seperti jeruk, nanas juga kaya akan kandungan vitamin C dan bromelain. Buah ini juga rendah kolesterol dan lemak.


6. Yogurt dengan pisang dan kari.


Makanan penutup unik ini menyediakan suguhan manis dengan tambahan anti inflamasi dari kari bumbu India.


7. Roti Ceri


Kandungan ceri hampir mirip dengan nanas, ceri adalah makanan peradangan yang dapat mengemas anti-inflamasi yang sehat. Makan seporsi kecil roti ceri, yang memiliki lebih sedikit kerak daripada pai.