Beritahati.com, Jakarta - Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, biasanya terjadi dan dirasakan di satu sisi kepala. Penyakit ini juga menimbulkan gejala mual dan muntah. Banyak orang mengeluhkan migrain karena sering kali migrain dapat mengganggu aktivitas.


Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung beberapa jam bahkan beberapa hari. Pada kasus parah migrain harus diatasi dengan cara medis yang tepat. Untuk mengatasi migrain sebelum parah sebaiknya melakukan pencegahan, salah satunya dengan makan makanan alami.


Nah kira-kira apa saja makanan alami untuk meredakan migrain, yang alami dan mudah didapat?


1. Telur


Telur menjadi salah satu makanan yang kaya nutrisi. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur adalah vitamin B termasuk B2. Vitamin B2 sangat membantu meringankan dan mengurangi sakit kepala.


Dalam 2 telur ayam berukuran sedang biasanya terkandung riboflavin sebesar 24 persen yang mampu mencukupi nutrisi harian, sehingga dapat membantu mencegah migrain.


2. Biji-bijian utuh


Biji-bijian utuh adalah jenis biji-bijian yang belum mengalami penggilingan. Sehingga masih mengandung seluruh bagian dari biji itu sendiri. Oleh karena itu, kandungan nutrisinya pun masih lengkap seperti serat, vitamin B, zat besi, selium, kalium dan magnesium. Kelompok makanan yang termasuk ke dalam biji-bijian utuh adalah gandum, oatmeal, beras cokelat, beras merah, beras merah dan juga sorgum.


3. Daging Merah


Daging merah adalah jenis daging yang memiliki warna merah akibat pigmen yang terkandung di dalam hewan tersebut seperti sapi, kambing dan juga kerbau. Mengonsumsi produk daging yang tidak segar, seperti yang sudah dikeringkan, difermentasi, diasinkan atau diasapkan malah justru bisa memicu migrain.


4. Biji-bijian dan kacang-kacangan


Biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan magnesium membantu mencegah migrain. Beberapa produk ini yaitu biji wijen, biji bunga matahari, kacang almond, kacang mete dan kacang tanah.


5. Sayuran berdaun hijau gelap


Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan nutrisi. Seperti bayam, brokoli dan juga selada termasuk makanan sehat yang dapat mencegah dan mengurangi migrain.
.
6. Yoghurt


Tubuh butuh cukup kalsium agar bisa berfungsi dengan benar. Kekurangan kalsium ternyata bisa memicu migrain. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti yogurt. Makan semangkuk yogurt setiap hari terbukti bagus untuk kesehatan tubuh.


7. Ikan Berlemak


Beberapa sakit kepala penyebab migrain mungkin disebabkan oleh peradangan. Makanan yang tinggi kandungan lemak sehat asam omega-3 telah dikenal sejak lama bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel merupakan contoh sumber makanan tinggi omega-3 yang bisa jadi obat migrain alami.


8. Jahe


Penelitian menunjukkan, rempah yang hangat ini mengandung beberapa senyawa potensial yang mirip dengan yang ada di obat-obatan anti-inflamasi non-steroid. Senyawa tersebut bisa bekerja melawan migrain dengan mencegah sustansi inflamasi bernama prostaglandins. Jahe belum pernah diuji coba secara ketat untuk meringankan sakit kepala, tetapi walaupun tidak dapat meredakan migrain kamu, jahe bisa digunakan untuk menghilangkan mual yang sering kali datang bersamaan dengan migrain.


Tidak ada dosis yang dianjurkan, tetapi kamu bisa memulainya dengan menggunakan bubuk jahe sesuai selera pada makanan. Atau paling sederhana dengan memakan permen jahe.


9. Kentang


Makan makanan yang kaya kalium dapat membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 100 gram.


10. Pisang


Pisang tidak hanya kaya akan potassium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian). Magnesium dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Sebuah penelitianj telah menghubungkan kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain.


Penelitian menunjukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit. Magnesium yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari rasa sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah.