Beritahati.com, Jakarta - Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat membuat mood berubah-ubah. Saat Anda merasa cemas, takut, dan sakit, tubuh ibu hamil juga menghasilkan adrenalin dan sedikit oksitosin. Berlatih yoga mampu membuat Anda lebih tahan terhadap rasa sakit dan tidak mudah stres.


Lantas, manfaat apa lagi yang bisa didapatkan ibu ketika melakukan yoga saat hamil? Dilansir dari Parents, berikut penjelasannya:


Mendukung perubahan pada tubuh ibu hamil
“Tubuh selalu berubah, termasuk pada ibu hamil. Yang berbeda, ibu hamil lebih cepat mengalami perubahan ketimbang wanita yang tidak hamil,” ujar Jane Austin, seorang guru yoga di San Francisco dan pendiri sekolah prenatal Mama Tree.


Menurut Austin, ibu hamil butuh bantuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Bantuan tersebut salah satunya bisa diberikan melalui yoga.


Yoga dapat meregangkan otot-otot ibu hamil agar terasa lebih santai saat perut semakin membesar. Selain itu, yoga juga memperkuat tubuh ibu hamil, khususnya tubuh bagian bawah.


Bantu lancarkan persalinan
Prioritas utama dalam kelas yoga bagi ibu hamil adalah memudahkan ibu hamil saat persalinan nanti. “Saat ibu hamil merasa takut, otot-otot di sekujur tubuh akan terasa lebih tegang. Hal ini buat ibu jadi lebih sulit untuk mengeluarkan bayinya,” tutur Jane.


Yoga membantu ibu agar lebih tenang saat menjelang maupun menjalani proses persalinan. Saat tenang, otot-otot yang terdapat pada tubuh ibu pun akan menjadi lebih relaks.


Membantu tidur lebih baik
Sulit tidur atau insomnia mungkin merupakan gangguan tidur yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Bahkan keluhan ibu hamil sulit tidur akan bertambah seiring naiknya usia kehamilan.


Kurang tidur juga dapat memengaruhi kehamilan dan kelahiran. Lama-kelamaan, gangguan tidur akan berefek buruk pada kehamilan, seperti durasi persalinan yang lebih lama dan meningkatnya kemungkinan kelahiran caesar.


Dengan latihan yoga teratur, Anda mendapatkan tidur lebih berkualitas. Peneliti Universitas Harvard melihat efek dari 8 minggu latihan yoga reguler di antara 20 peserta yang menderita insomnia kronis.


Para peserta membuat catatan harian tidur, lalu para peneliti menganalisisnya. Hasilnya, mereka menemukan peningkatan efisiensi tidur, durasi tidur, dan waktu tidur.


Membantu Anda memiliki kehamilan yang sehat
Sebuah studi pada 2012 menunjukan bahwa ibu yang melakukan yoga secara rutin, akan lebih mungkin memiliki bayi yang sehat dalam kandungan. Berlatih yoga juga bisa mengurangi risiko bayi lahir prematur.


Meningkatkan hubungan dengan pasangan
Stres pada masa kehamilan adalah hal yang sering terjadi. Di sisi lain, perbedaan pendapat dengan pasangan juga mungkin terjadi di antara Anda. Nah, pasangan yang berlatih yoga bersama dapat meningkatkan ikatan dan keintiman.


Namun, berlatih yoga sendiri juga dapat membantu Anda merasa tenang dan lebih terhubung dengan diri sendiri. Anda menjadi kurang emosional dan reaktif selama masa-masa ini.


Punya teman baru
Saat mengikuti kelas prenatal yoga, Anda akan dipertemukan dengan banyak ibu hamil lainnya. Selain menambah teman baru, Anda juga bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan baru seputar kehamilan.


Keenam manfaat yoga untuk ibu hamil di atas tentu patut Anda pertimbangkan. Anda mulai bisa melakukannya sendiri di rumah bila sudah mengetahui teknik dan cara yang benar. Kalau belum, Anda bisa mengikuti kelas prenatal yoga. Pastikan kelas yoga khusus untuk ibu hamil yang Anda ikuti memiliki instruktur yang sudah tersertifikasi.