Beritahati.com, Jakarta - Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah balik (varises) di dubur atau usus besar bagian bawah. Dalam dunia medis, wasir disebut dengan hemoroid. Bila terletak di dubur, kondisi ini disebut hemoroid eksterna. Sedangkan wasir yang terletak di usus besar bagian akhir disebut hemoroid interna.


Kebanyakan hemoroid eksterna dan hemoroid interna kelas 1 dan 2 dapat ditangani dengan perawatan secara mandiri di rumah, yaitu:


Makan makanan yang tinggi serat.
Minum air putih yang cukup.
Tidak mengejan saat buang air besar.
Tidak duduk di kloset untuk waktu yang lama, misalnya buang air besar sambil membaca.
Duduk dan merendam bokong di dalam bak air hangat, beberapa kali sehari.
Khusus untuk hemoroid eksterna, bersihkan dubur dengan hati-hati setelah BAB, karena membersihkan daerah anus akan lebih sulit dilakukan bila terdapat benjolan wasir di luar.


Selain melakukan langkah-langkah perawatan di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri, obat pencahar, atau obat yang dimasukkan ke dalam dubur untuk meringankan keluhan wasir.


Meski wasir yang ringan bisa ditangani sendiri di rumah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami BAB berdarah.


Pada hemoroid eksterna yang sudah menyebabkan keluhan yang mengganggu, hemoroid interna kelas 3 dan 4, atau wasir yang mengalami perdarahan hebat, dokter biasanya akan menganjurkan operasi.


Beberapa jenis operasi untuk mengobati wasir adalah:


1. Rubber band ligation
Dokter bedah akan mengikat wasir dengan bahan karet khusus. Pengikatan ini menyebabkan wasir kehilangan pasokan darah, sehingga benjolan wasir akan mengecil dan akhirnya hilang.


2. Skleroterapi
Dokter akan menyuntikkan bahan kimia khusus ke dalam wasir, yang menyebabkannya wasir berubah menjadi jaringan parut dan mengecil.


3. Terapi laser
Pada prosedur ini, dokter akan menggunakan sinar laser untuk mengecilkan dan mengeraskan wasir.


4. Hemoroidektomi
Prosedur operasi wasir ini dilakukan di ruang operasi dan menggunakan obat bius. Hemoroidektomi dilakukan dengan mengangkat seluruh wasir.


5. Stapled hemorrhoidopexy
Prosedur ini merupakan teknik bedah terbaru untuk mengobati wasir dan menjadi pengobatan pilihan untuk mengatasi wasir yang parah. Operasi ini tidak menghilangkan wasir, melainkan mengencangkan jaringan penyokong wasir yang longgar agar wasir tidak menonjol.


Pengobatan wasir tergantung dari lokasi dan tingkat keparahannya. Pada hemoroid eksterna, serta hemoroid interna kelas 1 dan 2, tidak perlu dilakukan operasi. Operasi perlu dilakukan pada hemoroid eksterna yang menimbulkan gejala, serta hemoroid interna kelas 3 dan 4.