Beritahati.com, Jakarta - Kanker prostat merupakan kanker yang terjadi pada prostat pria, yaitu kelenjar kecil antara penis dan kandung kemih. Kanker prostat biasanya tumbuh lambat dan hanya memerlukan pengobatan minimal. Meski begitu, ada juga kanker prostat yang dapat menyebar dengan cepat.


Berikut beberapa jenis bahan alami yang digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk membantu mengatasi kanker prostat:


Jus delima
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jus buah delima kemungkinan memiliki efek pencegahan dan pengobatan terhadap kanker prostat pada manusia.


Hal itu karena buah delima kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski demikian, masih butuh penelitian lebih lanjut akan dalam mendukung pengobatan alternatif ini.


Tomat
Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi tomat atau buah lain yang kaya akan likopen memiliki risiko kanker yang lebih rendah.


Lebih jauh, sebagian peneliti meyakini tomat dapat membantu mengatasi kanker prostat. Namun, tetap butuh penelitian lebih lanjut dalam menentukan bagaimana likopen bisa mengurangi risiko kanker prostat.


Saw palmetto
Saw palmetto merupakan jenis buah beri yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat alternatif alami untuk gangguan prostat dan kemih.


Meski demikian, mengonsumsi buah beri jenis ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, dan juga perlu diingat bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya dalam mengatasi kanker prostat.


Untuk mengobati kanker prostat, pengobatan secara medis, seperti radioterapi, prostatektomi radikal, brakiterapi, terapi hormon, atau krioterapi, merupakan pilihan yang sudah terbukti efektif.


Pengobatan alternatif kanker prostat menggunakan bahan alami banyak dipilih, karena biayanya lebih murah dan mudah dilakukan. Namun, efektivitas bahan-bahan alami tersebut dalam mengobati kanker prostat umumnya masih belum dapat dipastikan.


Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan pengobatan alternatif untuk menggantikan obat-obatan dan terapi yang diberikan oleh dokter. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.