Beritahati.com, Denpasar - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Kongres ke-V di Bali. Kongres yang diselenggarakan mulai 8-11 Agustus 2019 itu diperkirakan akan dihadiri belasan ribu pendukung dan simpatisan partai. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi, sebanyak 2.200 orang akan hadir sebagai delegasi dan peninjau pada kongres yang akan diselenggarakan di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar itu.


“Untuk tamu VVIP, VIP, delegasi, utusan dan peninjau pada Kongres ke-V ini sebanyak 2.200 orang,” kata Hasto di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 1 Denpasar, Jumat (2/8/2019).


Selain delegasi, Hasto memastikan kader dan simpatisan akan tumpah ruah pada kongres tersebut. Hingga saat ini, terkonfirmasi sebanyak 15 ribu kader dan simpatisan yang disebutnya sebagai penggembira yang sudah menyatakan kehadirannya pada kongres tersebut.


“Sampai hari ini penggembira sebanyak 15 ribu orang. Nantinya mereka akan ditempatkan di Lapangan Matahari Terbit. Akan ada festival budaya dan orasi politik,” ujarnya.


Di sisi lain, Steering Committee (SC) Kongres V PDIP, Djarot Syaiful Hidayat menegaskan panitia telah memesan 1.200 kamar hotel untuk peserta kongres.
“Kami sudah menyiapkan sebanyak 1.200 kamar yang kami pesan dari 13 hotel untuk peserta kongres. Semua biaya sudah kami selesaikan secara gotong royong. Biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp17,6 miliar untuk kongres ini,” ujarnya.


Ia menilai seluruh persiapan kongres telah selesai. Kemeriahan kongres sudah mulai dirasakan publik Bali meski forum pengambilan keputusan tertinggi di PDIP itu belum dimulai.


“Persiapan sangat baik mulai dari turun pesawat, masuk tol, kemeriahannya sudah terasa. Bendera-bendera partai sudah dipasang dan rapih. Ini adalah peristiwa politik yang luar biasa dan akan menyatukan seluruh potensi yang dimiliki oleh PDIP,” jelas Djarot.